Minggu, 27 Desember 2009

Tiket Mudik Dari Jambi Menuju P Siantar-Medan Habis

Jelang Natal dan Tahun Baru


Jambi, Batak Pos

Pesanan tiket Bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) dari Kota Jambi jurusan Sumatera Utara H-8 jelang Natal 25 Desember 2009 habis terjual. Bahkan tiket penumpang jurusan Kota Medan dan Pematang Siantar Sumatera Utara sudah terjual habis hingga tanggal 30 Desember 2009. Jumlah pemudik dari Kota Jambi menuju Sumatera Utara sudah mulai mengalami peningkatan sejak 13 Desember 2009.

Kepala Perwakilan Bus PT.RAPI Jambi, Alamina Pinem SH ketika ditemui Batak Pos di loket PT.RAPI Jambi Jalan Pattimura Kota Jambi, Rabu (16/12) mengatakan, H-8 Natal ini tiket Bus AC Toilet sudah habis terjual. Pemudik yang menggunakan Bus RAPI sebagai pilihannya jauh-jauah hari sudah memesan tiket.

Disebutkan, pihak PT RAPI tidak ada menaikkan tarif tiket sebelum adanya pemberitahuan dari dinas terkait. Untuk saat ini harga tiket bus PT RAPI ekonomi jurusan Kota Medan Rp 195.000 dan bus eksekutif Rp 275.000. Pihaknya sengaja tidak menaikkan tarif untuk memberi pelayanan maksimal kepada pelanggan Bus PT Rapi.

Sementara itu, arus mudik Natal dari Kota Jambi jurusan Pematangsiantar, Simalungun, Parapat, Tanah Karo yang menggunakan Bus INTRA juga sudah habis terjual hingga keberangkatan 30 Desember 2009. Namun penumpang dari arah sebaliknya justru sepi. Bahkan setiap harinya tiga unit bus Intra dari Kota Jambi sudah penuh setiap hari.

"Pesanan tiket mudik untuk jurusan Pematang Siantar, Medan, Simalungun, Tanah Karo dari Kota Jambi kini sudah habis terjual hingga tanggal 30 Desember 2009. Pesanan tiket meningkat drastis. Tidak seperti lebaran September lalu, sangat sepi. Mungkin ini karena perantau asal daerah tersebut mudik saat hari Natal dan tahun baru saja,"kata Staf Perwakilan PO.INTRA Jambi, J Simanungkalit kepada Batak Pos, Rabu (16/12).

Disebutkan, harga tiket juga tidak ada kenaikan. Tarif jurusan Pematang Siantar Rp 195 ribu, Medan 195 ribu, Pardagangan Rp 175 ribu, Kisaran Rp 170 ribu, Rantau Parapat Rp 160 ribu, Bagan Batu Rp 140 ribu dan Pelabuhan Dagang Rp 60 ribu. Pihak PO INTRA juga tidak ada penambahan armada jelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2010.

Friston R Sinaga SPd, calon penumpang yang mudik ke P Siantar membenarkan habisnya tiket Bus INTRA hingga tanggal 28 Desember. Dirinnya terpaksa mudik dari Jambi tanggal 29 Desember karena tidak mendapatkan bangku dibawah tanggal tersebut.

Dishub Siapkan Armada

Sementara itu, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Jambi menyiapkan armada untuk kelancaran angkutan penumpang mudik Natal dan tahun baru 2010. Meski diprediksi tidak terjadi lonjakan penumpang yang signifikan, namun dishub meminta perusahaan otobus yang memiliki trayek Kota Jambi agar menyiapkan bus cadangan.

“Kami sudah siapkan bus cadangan untuk kelancaran angkutan Natal dan tahun baru nanti. Dishub Jambi juga melakukan serangkaian kegiatan khusus untuk melancarkan angkutan Natal mulai H-7 hingga H+7. Kita jamin tidak akan ada penumpang yang terlantar yang ke luar maupun masuk Kota Jambi. Semua penumpang akan terangkut dan bisa merayakan Natal dan tahun baru dengan nyaman,”ujar Kepala Dishub Kota Jambi, Alamina Pinem SH, Rabu (16/12).

Disebutkan, selain angkutan penumpang, Dishub Kota Jambi juga memprioritaskan angkutan sembilan bahan pokok (sembako) dalam perayaan Natal dan tahun baru. Prioritas angkutan sembako dilakukan dari H-7 Natal untuk melayani para pedagang menjelang Natal dan tahun baru. Para distributor dihimbau agar mengangkut barang sejak sekarang, karena setelah masuk H-7 sampai H+7 dishub lebih mengutamakan angkutan orang. ruk

Tidak ada komentar: