Selasa, 24 November 2009

Tahun 2009 Provinsi Jambi Butuh Tenaga Kerja 1.363 Orang

Jambi, Batak Pos

Sebanyak 58 perusahaan di Jambi tahun 2009 ini membutuhkan 1.363 orang tenaga kerja di 224 lowongan jabatan. Sementara jumlah pengangguran di Provinsi Jambi saat ini tercatat sebanyak 74.222 orang.

Demikian dikatakan Kepala Dinas Sosnakertrans Provinsi Jambi, Ir. Rafli Nur selaku Ketua Panitia Penyelenggara Job Fair 2009 Jambi, Senin (16/11). Menurut dia, pengangguran di Provinsi Jambi masih berpeluang mendapat pekerjaan di sektor perkebunan, migas, industri dan lain-lain.

Kemudian kesempatan kerja ke luar negeri terutama ke Negara Malaysia dan sektor informal. Selanjutnya perusahaan juga mengalami hambatan dalam hal merekrut tenaga kerja sesuai dengan yang dibutuhkan dan tenaga kerja pun sulit mendapatkan informasi mengenai lowongan-lowongan yang tersedia.

Menurut Rafli Nur, tujuan Job Fair ini adalah memfasilitasi pencari kerja untuk mendapatkan pekerjaan sesuai dengan bakat, minat dan keterampilan dan membantu perusahaan/pengguna tenaga kerja untuk mendapatkan tenaga kerja yang berkualitas, professional sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

“Sasaran Job Fair untuk pencari kerja di 58 perusahaan pengguna tenaga kerja dan Pelaksanaan Penempatan Tenaga Kerja Indonesia Swasta (PPTKIS). Tenaga kerja yang dibutuhkan sebanyak sekitar 1.363 orang,”katanya.

Acara Job Fair di WTC Batanghari Jambi itu dibuka Menakertrans RI, Muhaimin Iskandar. Job Fair berlangsung selama sepekan. Muhaiman Iskandar juga meminta perusahaan swasta yang ada di Provinsi Jambi membuka lebar lowongan kerja setiap tahunnya. ruk

Tidak ada komentar: