Senin, 05 Oktober 2009

Gubernur Minta Pembangunan Rumah di Kerinci Tahan Gempa

Jambi, Batak Pos

Gubernur Jambi Zulkifli Nurdin meminta kepada masyarakat dan pengembang untuk membangun rumah di Sungai Penuh, Kerinci, Provinsi Jambi memakai kontruksi tahan gempa. Hal itu diperlukan karena Kerinci merupakan daerah gempa.

Hal itu dikatakan Zulkifli Nurdin , di Kerinci dan Merangin, Sabtu (3/10) saat meninjau langsung lokasi gempa berkekuatan 7,0 skala richter yang mengguncang Sungai Penuh, Kerinci, Provinsi Jambi ( 419 kilometer dari Kota Jambi), Kamis (1/10) pukul 08.52 WIB

Zulkifli Nurdin, meminta kepada Bupati agar segera menyalurkan bantuan yang sangat mendesak seperti air minum mineral, bahan makanan, tenda, dan lampu penerangan.

“Karena listrik di lokasi ini masih padam, pihak PLN juga kita minta untuk segera memperbaiki jaringan listri. Kasihan masyarakat apalagi dalam kondisi hujan seperti saat ini ditenda dengan tanpa penerangan,”katanya.

Gubernur Jambi juga meminta agar masyarakat dalam membuat bangunan termasuk membangun rumah agar terlebih dahulu mengurus izin mendirikan bangunan (IMB).

“Karena dengan memiliki IMB akan diawasi dalam melaksanakan pembangunan, termasuk matrial yang harus digunakan, dan kepada pejabat yang berwenang diminta agar benar-benar mengawasi sebagaimana mestinya, sehingga peristiwa seperti ini tidak terjadi lagi,”ujarnya.

Bupati Kerinci dan Penjabat Walikota Sungai Penuh Gubernur meminta agar dibuatkan Peraturan Daerah (Perda) yang mengatur tentang IMB. Perda IMB itu juga termasuk Kabupaten Merangin.

Anggota DPR RI dari Frakasi PAN utusan daerah Jambi, Ratu Munawwaroh Zulkifli g juga menyerahkan bantuan secara pribadi masing-masing Rp 10 juta untuk Kabupaten Kerinci dan Rp 10 juta untuk Kabupaten Merangin.

Sementara bantuan yang sudah tiba di Kerinci terdiri berupa mei instant 200 duz, sarden 100 duz, seragam SD 200 stel, kain sarung 200 lembar, kain panjang 200 lembar.

Kemudian selimut 200 buah, baju kaos berkerah 200 buah, baju daster 200 buah. Alat dapur berupa teko 100 buah, panic 100 buah, piring melamin 20 lusin, gelas melamin 20 lusin serta alat evakuasi berupa tenda pleton 4 unit, tenda biru 150 lembar, foot where 100 buah, genset listrik 1 unit dan velbet 20 buah.

Sementara bantuan untuk korban gempa di Merangin berupa mie instant 75 duz, sarden 75 duz, kain sarung 100 lembar, kain panjang 100 lembar, selimut 100 lembar, baju kaos berkerah 100 buah, baju daster 100 buah, seragam SD 100 stel.

Kemudian bantuan alat dapur berupa teko 50 buah, piring dan gelas masing-masing 10 lusin, alat evakuasi yakni tenda pleton 2 unit, tenda biru 75 lembar, foot where 50 buah dan tikar 50 buah. ruk

Tidak ada komentar: