Minggu, 24 Mei 2009

Validasi DPT Pilpres Tak Akurat

Jambi, Batak Pos

Validasi daftar pemilih tetap (DPT) Pemilihan Presiden (Pilpres) 8 Juli 2009 mendatang yang dilakukan Ketua Rukun Tetangga (RT) di Kota Jambi tidak akurat. Dari hasil validasi masih banyak ditemukan nama ganda dan nama mata pilih yang belum tercantum. Kemudian mata pilih yang sudah pindah tahunan masih masuk dalam DPT.

Menurut penelusuran Batak Pos di Kelurahan Kebun Handil, Kota Jambi, Rabu (20/5) menunjukkan, DPT yang ditempelkan di kantor kelurahan yakni di TPS 12 Pemilu Legislatif, RT 12 dan RT 15 Kelurahan Kebun Handil, Kecamatan Jelutung Kota Jambi tidak akurat.

DPT atas nama Risma Damanik, Lidya Anita Sinaga, Ronda Florensi Sinaga yang tinggal di RT 15 Kebun Handil masih masuk dalam DPT Pilpres 2009. Padahal ketiga mata pilih tersebut sudah sejak tahun 2005 lalu pindah dari alamat tersebut. Ketiga nama itu sudah dilaporkan ke Ketua RT 15 H Muhammad Dimun tiga pecan lalu.

Ketiga nama diatas masih menerima undangan Pemilihan saat Pilkada Walikota Jambi Agustus 2008, Pemilu Legislatif April 2009. Padahal ketiga nama itu sudah diberitahukan pindah kepada ketua RT 15.

Namun DPT Pilpres 2009 ketiga nama itu masih masuk. Bahkan nama Ronda Florensi ganda di TPS 12 tersebut. Sementara satu mata pilih atas nama Aprin Girsang warga RT 15 Kebun Handil tidak masuk dalam DPT Pemilu Legislatif dan DPT Pilpres 2009.

Sementara istri Aprin Girsang atas nama Meriana Sumbayak sudah masuk dalam DPT Pilpres 2009. Namun nama Meriani dan dua adiknya Lely dan Fransiska yang tinggal dilamat yang sama tidak masuk di DPT Pemilu Legislatif.

Menurut Kepala Kelurahan Kebun Handil, Kecamatan Jelutung, Suprapto, DPS Pilpres yang dibagikan kepada ketua RT sudah diserahkan kepada KPUD Kota Jambi.

Menurutnya, kemungkinan besar ketua RT tidak mendata ulang DPS tersebut. Kemudian DPS dijadikan DPT Pilpres. Suprapto juga menuding kesalahan tersebut terjadi di Ketua RT 12 selaku pencatat validasi DPT Pilpres ditingkat TPS.

Kemudian Batak Pos menelusuri DPT Pilpres tersebut ke ruangan validasi kantor KPUD Kota Jambi. Petugas validasi itu kemudian meralat DPT Pilpres TPS 12 Kebun Handil yang kurang akurat tersebut.

Menurut Anggota KPUD Kota Jambi, Agus Fiadi, S.ip, seharusnya sesuai jadwal kerja KPU untuk Pilpres, DPS yang telah ditanggapi masyarakat dari tanggal 11 Mei 2009, Panitia Pemungutan Suara (PPS) sudah harus menyerakan kembali DPS yang sudah ditanggapi masyarakat kepada KPU Kota pada tanggal 17 Mei 2009. Namun mengingat banyaknya kendala di tingkat PPS, maka KPU Kota mengambil kebijakan, jadwal tersebut dimundurkan hingga Rabu (20/05).

Disebutkan, kesalahan DPS untuk pilpres, diverifikasi secara bersama-sama. Masih banyak ditemukan mata pilih ganda dalam DPS. Sehingga harus dikoreksi sebelum disahkan menjadi DPT Pilpres.

Anggota KPUD Provinsi Jambi, Kasrianto mengatakan, DPS Pilpres 2009 mencapai 2.086.780. Jumlah tersebut merupakan DPT Pemilu Legislatif April 2009. Jumlah golongan putih Pemilu Legislatif di Provinsi Jambi 9 April lalu mencapai 530.700 atau 25,43 mata pilih. ruk

Tidak ada komentar: