Kamis, 21 Mei 2009

KPUD Kota Jambi Validasi Ulang DPS

Jambi, Batak Pos

Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kota Jambi melakukan validasi ulang Daftar Pemilih Sementara (DPS) dari Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se Kota Jambi. Validasi itu dilakukan Rabu 20 Mei mendatang. Hal itu dilakukan setelah mendapat tanggapan dari masyarakat.

Demikian dikatakan Amnggota KPUD Kota Jambi, Agus Fiadi, S.Sos kepada wartawan di ruang kerjanya, Selasa (19/5). Menurut dia, semua PPK Kota Jambi diharuskan menyerahkan semua DPS yang sudah ditanggapi masyarakat.

Disebutkan, hasil DPS yang telah divalidasi tersebut, maka akan menjadi Daftar Pemilih Tetap (DPT). Semua PPK/PPS Kota Jambi diharuskan sudah menyerahkan DPS sebelum dilakukan validasi.

Menurut Agus, penyerahan DPS dari PPK belum seluruhnya, hal ini dikarenakan ada beberapa PPK dan PPS yang masih memperbaiki ulang DPS yang telah mendapat tanggapan dari masyarakat.

Sementara itu, Ketua PPS Kecamatan Telanai, Panduani, pihaknya telah menyerahkan DPS yang telah diperbaiki di tingkat PPS. Namun dirinya mengakui ada beberapa matapilih yang masih harus diperbaiki, jadi kemungkinan akan diperbaiki kemuian.

Pantauan di KPUD Kota Jambi, Selasa (19/5) tampak beberapa ketua KPPS dan PPK menyerahkan hasil DPS yang telah mendapat tanggapan dari masyarakat dan telah diperbaiki ditingkat PPS.

Secara terpisah, Ketua Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Provinsi Jambi, Salahuddin, Spt mengatakan, Panwaslu Provinsi Jambi akan mengawasi proses pelaksanaan verifikasi Daftar Pemilih Sementara (DPS) dari tanggal 11– 20 Mei 2009. Panwaslu Provinsi Jambi akan menerjunkan petugasnya sampai ke RT-RT.

Panwaslu Provinsi Jambi telah menginstruksikan kepada semua jajaran Panwas se Provinsi Jambi untuk melakukan pengawasan secara ketat terhadap verifikasi DPS untuk Pilpres 8 Juli 2008 mendatang.

“Saat itu ada warga yang mempunyai hak pilih akan tetapi tidak masuk dalam DPT. Kemudian banyak mata pilih yang tidak mendapatkan undangan memilih. Pendataan DPT Pilpers 2009 harus akurat dan KPU harus jemput bola,”katanya.

Disebutkan, peran aktif masyarakat sangat dibutuhkan, bilamana tidak terdaftar dalam DPS, agar segera melaporkan ke RT setempat. Masyarakat juga dihimbau untuk mengunjungi ketu Rt masing-masing. ruk

Tidak ada komentar: