Senin, 23 Maret 2009

Provinsi Jambi Targetkan Penanaman 2,7 Juta Pohon Tahun 2009

Jambi, Batak Pos

Pemerintah Provinsi Jambi menargetkan penanaman 2,7 juta pohon tahun 2009 ini. Target penanaman itu dengan melibatkan satu orang penduduk dengan satu pohon. Selain bibit pohon, Pemerintah Provinsi Jambi juga memberikan bibit pohon buah di lingkungan sekolah.

Demikian sambutan Gubernur Jambi Zulkifli Nurdin yang diwakili Asisten Umum (Asisten III) Sekda Provinsi Jambi Ir H Ahmad Fauzi, MTP, pada Hari Bhakti Rimbawan yang dilaksanakan di lapangan depan Kantor Gubernur Jambi, Selasa (17/3) .

Disebutkan, sesuai pidato Presiden RI, saat Pencanangan Hari Menanam Pohon Indonesia pada tanggal (28/11/09) lalu, setiap penduduk Indonesia menanam satu batang pohon saja, “one man one tree”.

Departemen Kehutanan RI telah menindak lanjuti apa yang menjadi harapan Presiden RI, dengan Program ”One Man One Tree”, demikian juga di daerah, secara bertahap pemerintah daerah akan menggerakkan penanaman pohon ini secara berkelanjutan yang akan melibatkan semua element masyarakat.

Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Jambi Ir. Budidaya, M.For, Sc, menyampaikan, momen Hari Bhakti Rimbawan ke 26 tahun 2009 mengingatkan insan-insan rimbawan dan semua masyarakat untuk mengingat tentang apa yang telah dilakukan selama ini dalam memelihara alam dan lingkungan ini.

“Terjadinya kerusakan hutan akibat ulah manusia juga telah mengakibatkan terganggunya ekosistem dan mengusik kehidupan hewan. Karena habitatnya terganggu akibat ulah orang-orang yang tidak bertanggungjawab tersebut maka hewan keluar dan masuk keperkampungan, seperti yang terjadi baru-baru ini, dimana harimau telah keluar dari habitatnya, bahkan telah menyerang manusia,”katanya.

Disebutkan, melalui momen tersebut, diwujudkan dengan memberikan bantuan bibit buah-buahan secara simbolis untuk lingkungan sekolah, mulai dari tingkat sekolah dasar hingga Sekolah Menengah Tingkat Atas (SLTA).

“Di Kota Jambi sebanyak 500 pohon, sedangkan untuk kabupaten akan dilakukan oleh Dinas Kehutanan Kabupaten, dan tambah Kadis Kehutanan sebelumnya karyawan/karyawati Dinas Kehutanana Provinsi Jambi juga telah menanam sebanyak 1000 pohon, di komplek-komplek perumahan,”katanya.

Menteri Kehutanan (Menhut) RI H MS Kaban dalam sambutannya mengajak seluruh jajaran Rimbawan dimanapun berada, mulai dari sekarang untuk berperan aktif menjadi pelopor bagi keluarga dan masyarakat dalam menyukseskan Gerakan Menanam Pohon “One Man One Tree”. ruk

Tidak ada komentar: