Jumat, 27 Februari 2009

Perbaikan 200 Kilometer Jalan Nasional di Jambi Mendesak

Jambi, Batak Pos

Perbaikan sepanjang 200 kilometer (km) jalan nasional dari arah Muaratembesi, Kabupaten Batanghari-Saronagun-Muarabungo kini mendesak karena jalan tersebut rusak parah. Dari 1200 km jalan Nasioanl di Provinsi Jambi, 30 persen diantaranya rusak berat. Kini kerusakan 200 km jalan Muaratembesi-Sarolangun –Bungo butuh percepatan rehabilitasi.

Demikian dikatakan Kepala Dinas Pekerjaan Uumum (PU) Provinsi Jambi, Ir Nino Guritno kepada wartawan di Jambi, Kamis (26/2). Menurutnya, kini pekerjaan jalan tersebut sudah dimulai dengan kucuran dana dari APBN 2009 Rp 5 miliar dan swakelola PU Provinsi Jambi APBD 2009 Rp 2 miliar.

Menurutnya, idealnya dana pembangunan rehabilitasi jalan nasional secara permanent yakni Rp 3 miliar untuk satu kilometre. Namun karena minimnya alokasi dana sehingga pembangunan jalan hanya prioritas dan terkesan tidak tuntas.

“Perbaikan jalan Muaratembesi-Sarolangun-Bungo sudah dimulai. Alat-alat berat sudah dilokasi. Target pekerjaan hingga empat bulan kedepan. Tonase jalan tersebut hanya 8 ton, namun kenderaan batubara dan minyak kelapa sawit yang lalu lalang di jalur tersebut melebihi tonase ketahanan jalan. Hal itu yang membuat kerusakan jalan selalu terjadi,”katanya.

Disebutkan, perbaikan jalan nasional dan provinsi di Provinsi Jambi tidak dapat dilakukan secara permanent karena minimnya alokasi dana. Alokasi dana dari APBN juga sangat terbatas. Sehingga kondisi jalan nasional di Provinsi Jambi tak kunjung mantap. ruk

Tidak ada komentar: