Jumat, 27 Februari 2009

Penderita TBC di Jambi 30 Persen Anak-anak

Jambi, Batak Pos

Penderita Tuberkulosis (TBC) di Jambi 30 persen dialami anak-anak. TBC sangat mudah terjangkit pada anak-anak. Sekitar 60 persen penderita TBC yang menjalani perawatan di Rumah Sakit Umum Raden Mattaher Jambi, 30 persen adalah anak-anak.

Kini 30 persen penderita TBC anak-anak menjalani pengobatan di rumah sakit tersebut. Mudahnya TBC menyerang anak-anak dikarenakan sistem kekebalan tubuh anak melemah.

Demikian dikatakan dokter Rumah Sakit Umum Daerah Raden Matteher Jambi, dr Rina Agustina kepada wartawan, Minggu (22/2). Menurutnya, penyakit TBC bisa disebabkan karena anak tengah mengalami depresi.

Disebutkan, jika penyakit TBC mudah terditeksi dari lingkungan yang kurang terjaga kelembabannya. Parahnya lagi, virus ini bisa menular pada seluruh penghuni rumah.

Menurut dr Rina, penularan penyakit ini harus dicegah sedini mungkin, khusus di Kota Jambi. Dengan begitu, predikat Indonesia sebagai urusan ketiga penderita penyakit TBC terbesar di dunia dapat dikendalikan serta tertanggulangi.

Disebutkan, kesehatan lingkungan rumah tangga serta tempat bermain anak-anak salah satu menjamin minimnya penyebaran virus TBC. Perhatian orang tua terhadap anak akan kebersihan juga menjadi salah satu penangkal penyankit tersebut. ruk

Tidak ada komentar: