Minggu, 16 November 2008

Pameran Lukisan Se-Sumatera di Jambi Digelar

Jambi, Batak Pos

Pameran lukisan se-Sumatera dari 48 perupa asal Sumut, Sumbar, Riau, Sumsel, Begkulu, Lampung, minus Aceh, Kepulauan Riaudan Bangka Belitung digelar di Taman Budaya, Sungai Kambang Kota Jambi. Minggu (16/11) hingga sepekan kedepan pameran lukisan dan dialog Perupa Se Sumatera di tempat tersebut akan berlangsung.

Pekerja Seni asal Jambi, Sakti Alam Watir kepada wartawan, Minggu (16/11) mengatakan, setidaknya 52 lukisan akan dipamerkan dari 48 perupa yang berasal dari Sumut, Sumbar, Riau, Sumsel, Begkulu, Lampung, minus Aceh, Kepri dan Babel.

Disebutkan, konsep yang diusung dalam pemeran ini sangat menarik dan memberikan pencerahaan kepada kita semua. Pasalnya lukisan yang ditampilkan merupakan imajinasi sang perupa tentang keadaan sosial yang terjadi di Pulau Sumatera akhir-akhir ini. Lukisannya bisa saja abstrak, surealis dan sebagainya.

“Kalau anda peminat luksian juga bisa bergabung dalam dialog dengan para perupanya. Moment ini sangat penting agar pemahaman sebuah lukisan dapat menjadi milik bersama dan tidak hanya dimengerti oleh sang perupa sendiri,”katanya.

Pameran lukisan itu secara resmi dibuka Gubernur Jambi, Zulkifli Nurdin, Senin (17/11). Para perupa Jambi mengikutsertakan 11 lukisannya dengan perupanya yakni Syahrial, Edi Darma, Riatno, Suwarno, M. Noor, Rohman dan Poslan Tobing. ruk

Tidak ada komentar: