Minggu, 16 November 2008

Nasabah Bank Century Cabang Jambi Resah

Jambi, Batak Pos

Ratusan nasabah Bank Century Cabang Jambi resah karena mereka tidak dapat melakukan transaksi penarikan uang lebih dari Rp 2 juta. Sementara pihak bank pada Jumat 14 Nopember, Bank Century telah kembali mengikuti kegiatan kliring di Bank Indonesia secara normal. Transaksi bank melalui Real Time Gross Settemen ( RTGS) mulai berjalan seperti biasa.

Seorang nasabah Bank Century Cabang Jambi, Parlin (34) saat antri dalam penarikan dana, kepada Batak Pos, Jumat (14/11) mengatakan, dirinya terkejut ada masalah dalam penarikan uang. Menurutnya ada masalah kliring pada Bank Century di Jambi. "Saya tidak bisa menarik uang lebih dari Rp 2 juta,"katanya.

Disebutkan, dirinya baru mengetahui ada masalah saat mau menarik uangnya lebih dari Rp 2 juta tidak bisa. Kemudian mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) tidak berfungsi. Akibatnya beberapa nasabah resaj dan panik.

Hingga Jumat sore, puluhan nasabah di Bank Century Jambi yang berlokasi di Jl Gatot Subroti, Kota Jambi itu masih bertahan di bank tersebut menunggu transaksi bisa dilalukan. Sementara pihak keamanan bank tersebut melarang para wartawan masuk ke dalam bank.

Direktur Bank Century, Hermanus H Muslim dalam press release yang dibagikan kepada wartawan menjelaskan, Bank Century Jambi sudah bisa mengikuti kliring. Karena pengalokasian dana pre fund telah diserahkan ke Bank Indonesia.

Menurut Hermanus, pada tanggal 13 Nopember 2008, pihaknya terlambat dalam mengalokasikan kekurangan dana Pre-Fund sebesar Rp 5 miliar kepada Bank Indonesia, akibatnya tidak bisa dilakukan kliring. Selanjutnya Jumat (14/11) pagi Bank Century Jambi telah kembali mengikuti kegiatan kliring di Bank Indonesia secara normal. ruk

Tidak ada komentar: