Minggu, 16 November 2008

Masyarakat Diminta Jangan Pilih Caleg Lulusan Paket C

Jambi, Batak Pos

Masyarakat mata pilih Kota Jambi pada Pemilu 2009 mendatang disarankan untuk tidak memilih calon lagislatif (Caleg) lulusan paket C (persamaan SLTA). Latar belakang pendidikan sangat menentukan pada kinerja legislatif dalam pembangunan masa mendatang.

Selain menghindari caleg paket C, masyarakat juga diminta memilih caleg yang bermoral dan mengedepankan kepentingan rakyat, bukan untuk perbaikan sosial ekonomi para caleg tersebut. Pemilihan caleg yang tepat sangat menentukan lajunya pembangunan di suatu daerah.

Demikian dikemukakan saleh seorang tokoh pemuda Batak di Jambi, Donny Pasaribu SP kepada Batak Pos, Minggu (16/11). Menurutnya, bukan lagi jamnnya memilih caleg hanya lulusan paket C. Pemikiran intelektual serta kejujuran para caleg sangat didambakan masyarakat Kota Jambi saat ini.

“Kita minta masyarakat Kota Jambi untuk tidak memilih caleg hanya lulusan paket C. Kinerja caleg paket C jika terpilih hanya bisa makan gaji buta, kinerjanya juga sangat minim. Mari kita pilih caleg yang betul berjiwa dan punya wawasan intelektual yang jujur,”katanya.

Ketua KPUD Kota Jambi, Badjuri kepada Batak Batak Pos, Minggu (16/11) mengatakan, sesuai dengan data daftar caleg tetap (DCT) DPRD Kota Jambi, ada 12 caleg hanya lulusan paket C. Mereka diantaranya dari daerah pemilihan Jambi I (Kecamatan Jelutung dan Pasar Jambi) yakni Taufik Hidayat (Partai Kedaulatan), Hj Siti Nursyamsidar dan Husen Jufri (PDK) dan M Sugito (Partai Merdeka).

Paket C dari dapil Kota Jambi II ( Jambi Timur dan Pelayangan) adalah Rohanah (Gerindra), Said Muhammad Hapiz (PKS), Hj Nyimas Awa (PDPI), Sukarso Darmopawiro, Saymsul Bahri dan Darsianto (PDIP).

Menurut Badjuri, caleg paket C dari dapil Kota Jambi III (Jmbi Selatan) yakni Salim Mangkendum Sakti (PPRN), Bakti S (Gerindra). Caleg paket C dapil Telanaipura dan Danau Teluk adalah Achmad Rasyid (PAN).

Disebutkan, caleg 38 partai politik peserta Pemilu 2009 mengusung 206 caleg perempuan dan 569 caleg laki-laki. Sedangkan caleg lulusan SLTA mencapai 413 orang. Sisanya lulusan sarjana (S1) dan Diploma III. Sementara jumlah caleg DPRD Kota Jambi sisa 775 caleg untuk memperebutkan 45 kursi DPRD Kota Jambi. ruk

Tidak ada komentar: