Jumat, 31 Oktober 2008

Kabupaten Muarojambi Daerah Endemis Antraks

Jambi, Batak Pos

Kabupaten Muarojambi, Provinsi Jambi merupakan daerah endemis firus antraks. Namun demikian penyakit antraks belum ada ditemukan di Provinsi Jambi. Dinas Peternakan Provinsi Jambi terus berupaya melakukan pemantauan untuk mendeteksi timbulnya penyakit yang dominan menyerang ternak sapi tersebut.

Kasubdin Bina Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Feteriner Dinas Peternakan Provinsi Jambi, Juli Supriono, kepada wartawan di ruang kerjanya, Kamis (30/10) mengatakan, belum ditemukannya penyakit antrak yang menyerang peternakan masyarakat, bukan berarti Provinsi Jambi dapat dikatakan bebas dari antrak.

“Kasus ini sudah lama sekali tidak ditemukan dan saat ini antrak belum ditemukan khususnya di Provinsi Jambi. Provinsi Jambi masih terdapat daerah endemis antrak yakni di Kabupaten Muarojambi, persisnya di Desa Rantau Maco, Kecamatan Sekernan. Kabupaten ini merupakan kabupaten yang tak luput dari pantauan Disnak Provinsi Jambi dalam mendeteksi kasus antrak,”katanya.

Disebutkan, penyakit antrak dapat menular kepada manusia jika manusia memakan daging lembu yang mengidap penyakit antrak. Penyakit ini biasanya berjangkit kepada hewan berdarah panas seperti lembu. ruk

Tidak ada komentar: