Sabtu, 02 Juni 2012

10 Ribu Mahasiswa di Provinsi Jambi Kuliah di Universitas Terbuka

 
mou-open-university-uk-ut-mei-2012UT mengadakan kerja sama dengan The Open University (OU) Inggris. Bertempat di KBRI London, Inggris, pada hari Senin, 28 Mei 2012, Memorandum of Understanding (MoU) antara dua institusi ini ditandatangani oleh Rektor UT, Prof. Ir. Tian Belawati M.Ed, Ph.D dan Vice Chancellor The Open University, Inggris, Martin Bean yang disaksikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Prof. Ir. H. Mohammad Nuh DEA dan Minister of State for Universities and Science, RT Hon David Willetts MP. (Foto : http://www.ut.ac.id)

Jambi, BATAKPOS

Sebanyak 10 ribu orang mahasiswa yang tersebar diseluruh pelosok Provinsi Jambi mengikuti jenjang pendidikan SI, dengan program belajar jarak jauh di Universitas Terbuka (UT). Bahkan setiap tahunnya UT mewisuda 1.000 sarjana dari empat fakultas yang berasal dari seluruh unit program belajar jarak jauh (UPBJJ) di Indonesia.

Pembantu Rektor IV UT Dr M Yunus MA kepada wartawan di Kampus UT Jalan Tarmizi Kadir  Pakuan Baru Kota Jambi, Jumat (1/6) mengatakan, UT merupakan Universitas Negeri yang berdiri sejak tahun 1984 dan telah meluluskan ribuan alumni baik di Indonesia maupun luar negeri.
 
“Namun keberadaan UT belum terlalu dekat dengan masyarakat. UT telah memiliki 37 UPBJJ diseluruh Indonesia. Belajar di UT tidak mengenal batasan umur, karena menggunakan modul dan belajar secara mandiri. Dosennya modul tidak ada tatap muka seperti perkuliahan pada umumnya. Hanya jika akan mengikuti ujian ada tatap muka,”katanya.

Disebutkan, ada orang mengatakan kuliah di UT lambat tamat dan nilainya sangat rendah. Ternyata ada alumni UT ada yang dapat menyelasaikan perkuliahannya selama empat tahun. Sama halnya dengan Universitas pada umumnya. Namun wisuda harus ke Jakarta, karena di daerah hanya sebagai cabang.

“Lambat atau cepatnya menyesalaikan studi tergantung pada individu masing-masing. Siapa yang rajin belajar dia akan cepat selesai,”katanya.

Ketua UPBJJ-UT Jambi Drs Amril Latif mengatakan di UT Jambi ada empat Fakultas yaitu Fakultas Ekonomi, FKIP, FISIP dan  FMIPA. UT sebagai salah satu alternatif bagi tamatan SMA sederajat untuk melanjutkan keperguruan tinggi. UT katanya tidak mengenal batasan umur.
Menurut Amril, siapapun boleh masuk UT asalkan ada kemauan, bahkan UT pada tahun ajaran  2012/2013 ini akan mengikuti seleksi masuk perguruan tinggi negeri. Selain itu UT juga telah membuka program S2  (SMPTN).

Dikatakan, biaya kuliah di UT tergolong murah yakni berkisar antara Rp 1,3-1,7 juta per semester. Biaya tersebut sudah termasuk seluruhnya mulai dari modul, media dan lain-lainnya.

“Kuliah di UT biayanya lebih murah dibandingkan dengan kuliah tatap muka. Pihak UT di Jambi kini mensosialisasikan UT kepada masyarakat dengan berbagai kegiatan mulau dari Fun Bike dan kegiatan lainnya,”katanya. RUK
Ketua UPBJJ-UT Jambi Drs Amril Latif MSi

Tidak ada komentar: