Selasa, 05 Juli 2011

Jambi Mantapkan Persiapan Jadi Tuan Rumah HPN 2012


Jambi, BATAKPOS


Pemerintah Provinsi Jambi bersama-sama insane pers di Jambi kini tengah mempersiapkan diri selaku tuan rumah Hari Pers Nasional (HPN) 2012 mendatang. Sejumlah pemimpin media Jambi melakukan rapat dengan Wakil Gubernur Jambi H Fachrori Umar di Ruang Utama kantor Gubernur Jambi, Senin (4/7/11) guna membahas persiapan HPN itu.

Wakil Gubernur Jambi, Fachrori Umar selaku pemimpin rapat persiapan HPN 2012 mengatakan, awalnya akan dibentuk tim kecil yang bertugas melakukan study banding ke provinsi yang sudah pernah menggelar HPN.

“Kita belajar dari provinsi yang sudah menggelar HPN. Hal ini penting agar persiapan lebih mantap. Tim kecil ini dipimpin oleh Asisten I Setda Provinsi Jambi, A Zaki dengan anggota Ketua PWI Provinsi Jambi Mursyid Sonsang dan instansi terkait lainnya,”katanya.

Disebutkan, dalam HPN nanti, juga dipersiapkan pembangunan tugu pers dan perpustakaan pers sebagai icon pers di Provinsi Jambi. Namun pelaksanaan teknis pembangunannya belum dibicarakan.

Sementara Sekda Provinsi Jambi, Ir Syahrasaddin menyatakan, teknis pembangunan ini akan dibahas tim kecil dan Disdik Provinsi Jambi. Dalam rapat itu juga diusulkan pemanfaatan Pulau Berhala sebagai tujuan wisata di Jambi.

Namun Ir Syahrasaddin menyatakan hal ini belum bisa diakomodir. Pasalnya, status Pulau Berhala masih bermasalah dengan provinsi tetangga, yakni Kepulauan Riau (Kepri). Hal itu akan dibahas nanti pada saat HPN, untuk sementara jangan dimasukkan dulu dalam kegiatan HPN.

Menurut Syahrasaddin, ada beberapa alternatif yang bisa dimanfaatkan pada moment HPN kali ini yakni dipastikannya Candi Muaro Jambi yang akan dijadikan ikon HPN Jambi, 9 Februari 2012 mendatang.

“Selain itu juga pemanfaatan, geopark Merangin dan bisa juga percepatan pembangunan industri hilir. Beberapa alternatif tersebut masih terus dikaji tim kecil yang sudah dibentuk. Nantinya, kawasan-kawasan ini juga dialternatifkan menjadi pusat kegiatan HPN 2012,”katanya. ruk

Tidak ada komentar: