Rabu, 25 Mei 2011

Warga Desa Tongging Mengeluhkan Keberadaan Pukat Penangkap Ikan

Ambruk : Dermaga bongkar muat hasil pertanian di Desa Tongging hingga kini belum ada perbaikan sejak ambruk Februari lalu. Aktivitas warga di dermaga tersebut terganggu karena hancurnya dermaga. Perbaikan dermaga tersebut sangat mendesak mengingat musim mangga akan tiba pertengahan bulan Juni ini. Foto batakpos/rosenman manihuruk

Jambi, BATAKPOS

Ratusan warga Desa Tongging, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo keberatan sejak adanya praktek penangkapan ikan jenis paitan (Haporas) yang dilakukan menggunakan pukat (jaring besar) di tengah Danau Toba di Tongging. Keberadaan pukat tersebut juga mengganggu arus transportasi danau di Tonging.

Demikian dikatakan Ketua Badan Pemasyarakatan Desa (BPD) Desa Tongging, Jonsius Situngkir di Tongging kepada BATAKPOS lewat telepon, Selasa (24/5). Menurutnya, kini terdapat belasan pukat penangkap ikan di Danau Toba Desa Tongging.

“Pemilik pukat itu datang dari luar Desa Tongging. Namun ada juga oknum warga yang memanfaatkan keberadaan pukat tersebut dengan melakukan pungutan liar. Sudah banyak warga yang keberatan. Para pengguna kapal juga resah karena sangat mengganggu arus transportasi kapal akibat tali pukat tersebut,”katanya.

Menurut Jonsius Situngkir, warga Desa Tongging meminta Bupati Karo untuk bertindak tegas terhadap pelaku penangkap ikan dengan menggunakan pukat tersebut. Keberadaan pukat tersebut kini sudah hampir sebulan beroperasi.

Kemudian Jonsius Situngkir juga meminta dinas terkait di Pemerinthan Kabupaten Karo untuk segera memperbaiki dermaga yang ambrol akibat abrasi. Pihaknya juga mengeluhkan bangunan dermaga Desa Tongging yang dibangun asal-asalan tanpa adanta tulangan besi.

“Kita juga minta instansi terkait untuk segera membangun Dermaga Desa Tongging yang sudah hancur dua bulan lalu. Kini aktivitas bongkar muat hasil pertanian di dermaga itu sangat terganggu karena tidak adanya dermaga. Kita minta Bupati Karo mengintruksikan bawahannya untuk membangun kembali dermaga tersebut,”katanya. ruk

Tidak ada komentar: