.

.
.

Senin, 30 Oktober 2017

Terimakasih Jenderal Maruli Wagner Damanik

Catatan Pada Peresmian GKPS Tanah Kanaan Jambi 
 
St Irjen Pol Drs Maruli Wagner Damanik, M.AP dan Inang Debora Mayana Purba Pakpak (kanan), St Awal JD Damanik/ M Br Purba Pakpak di Acara Pesta Peresmian GKPS Tanah Kanaan Jambi, Mingu 29 Oktober 2017.
BERITAKU-Terimakasih St Irjen Pol Drs Maruli Wagner Damanik, M.AP dan Inang Debora Mayana Purba Pakpak. Ya, hanya Kata Terimakasih yang bisa saya ucapkan dengan meluangkan waktunya selama dua hari di Jambi, hanya untuk berjumpa dengan Jemaat GKPS Resort Jambi dan acara sekelas Peresmian GKPS Tanah Kanaan Jambi.

Apalah artinya bagi Seorang Jenderal Ini yang memilih datang ke Jambi, padahal ada acara yang lebih penting di Jakarta dan daerah lainnya. Ia, itulah seorang Wagner Damanik. Sosok Ayah dan Juga Pejabat Penting yang rendah hati.

Kerendahan hati itu telah mengalahkan segala embel-embel kepangkatan dan derajat yang melekat pada dirinya. Hadir di Jambi sebagai warga biasa saja, membaur bersama dengan Jemaat GKPS Resort Jambi tanpa jarak. Menyapa dengan murah dan akrab dalam berkomunikasi. 

Wah, padahal baru dua hari di Jambi, kesan St Irjen Pol Drs Maruli Wagner Damanik, M.AP sudah melekat di Jemaat Resort Jambi. Setidaknya itu yang saya lihat dengan kasat mata dan saya alami sendiri. 

Sosok Wagner Damanik, tak jauh dari motivasi. Lewat Seminar Kebangsaan “Kepemimpinan Kristiani yang Membumi” di Gereja GKPS Tanah Kanaan Kota Jambi di Jalan Penerangan Simpang Rimbo Kota Jambi, Sabtu (28/10/2017) sore, adalah salah satu hal penting yang dia lakukan di Jambi. Sungguh bermakna seminar yang disampaikannya. 

Video Manortor Pimpinan Pusat GKPS,
St Irjen Pol Drs Maruli Wagner Damanik, M.AP dan Inang, Pegurus Resort, PMJ Pada Pesta Peresmian GKPS Tanah Kanaan Jambi, Minggu 29 Oktober 2017.
 
St Irjen Pol Drs Maruli Wagner Damanik, M.AP juga mengikuti dengan setia seluruh rangkaian kegiatan yang diadakan dalam Peresmian GKPS Tanah Kanaan Jambi. Namun sayang menurut saya, St Irjen Pol Drs Maruli Wagner Damanik tidak diberikan waktu untuk memberikan sepatah dua kata saat Pesta Peresmian GKPS Tanah Kanaan Jambi.

Tapi, St Irjen Pol Drs Maruli Wagner Damanik, M.AP bersaksi lewat Pujian Lagu “Maidop Ma Ham” saat Ibadah berlangsung. Kemudian melantunkan lagu Simalungun “Elvie” saat acara pesta, sungguh membuat rasa kebersamaan saat itu. Kontribusi sebagai “Tumpak” untuk Panitia juga diberikannya.

Lobi yang dilakukan St Awal JD Damanik MM memang “jago” untuk menghadirkan seorang Jenderal ditengah-tengah GKPS Pinggiran Kota Jambi ini. Menunggu acara hingga selesai, sungguh suatu penghormatan yang berharga bagi seluruh Jemaat GKPS Resort Jambi dan Undangan Simpatisan.

Semoga kedepan St Irjen Pol Drs Maruli Wagner Damanik, M.AP bisa hadir lagi di Jambi untuk seminar yang lebih besar lagi, khususnya bagai Kaum Bapak sebagai Pemimpin Rumah Tangga. Yah sekali lagi, Hanya Terimakasih lewat Tulisan ini yang dapat saya Sampaikan Untuk Jenderal Damanik. 

Untuk Sekjen GKPS

Sejak Pdt DR Paul Ulrich Munthe DTh menjabat Sekjen GKPS, saat Pesparawi Wanita GKPS Se Indonesia di Balai Bolon Pematangsiantar 7-8 Oktober 2017 lalu, berjabat tangan dengan Bapak Sekjen GKPS. Bapak Sekjen ini saya sapa saat diwawancarai oleh seorang wartawati Jumat malam itu.

Horas Pa!!!!!!demikianlah saya menyapa Bapak Sekjen Ini. Lalu Sekjen berbalas Horas dan saling tegur sama. Bahkan tiba di GKPS Tanah Kanaan Jambi, jumpa lagi Sabtu (28/10/2017) sore. Bapak Senjen ini memanggil saya “Bapatua”, wah malu rasanya saya. 

Dari cerita  Pdt DR Paul Ulrich Munthe DTh Orang Tua kami bersaudara dan kami “musuhan”. Wah saya merasa tak enak, mungkin karena sering menulis agak nyeleneh dengan Pimpinan Pusat GKPS ini, dalam hati saya. Namun keakraban itu kami rasakan, meski kami jarang berbicara sama-sama, namun bahasa tatapan mata kami, menyatakan bahwa kami satu Tujuan Untuk Membuat GKPS Maju “Sari Janah Siboan Pasu-Pasu”.

Terimakasih Juga saya ucapkan kepada Sekjen GKPS dan Inang yang dengan senang hati dating ke Jambi untuk meresmikan GKPS Tanah Kanaan Jambi. Apa yang dilihat, apa yang didengar selama dua hari di Jambi bersama Jemaat GKPS Resort Jambi, kiranya menjadi sukacita hingga tiba di Kantor Pusat GKPS.

Untuk Para Pendeta

Terimakasih kepada Panitia yang telah berkenan mengundang Para Pendeta Medio 2006-2017 yang melayani di GKPS Resort Jambi. Sukacita dan kegembiraan tampak diwajah-wajah Jemaat GKPS Resort Jambi Sabtu-Minggu.

Kehadiran Praeses GKPS Distrik VI Medan Pdt JP Tamsar STh dan Inang LM Br Saragih (mantan Pendeta GKPS Resort Jambi), Pdt Jhon Ricky R Purba MTh dan Inang, Pdt Jensi Purba STh jadi ajang melepas rindu dengan Jemaat GKPS Resort Jambi.

Kegembiraan Rasa Rindu itu terobati disaat Pdt JP Tamsar STh, Pdt Jhon Ricky R Purba MTh, Pdt Jensi Purba STh bersedia melantunkan lagu di atas panggung. Dengan karakter pelayanan yang dimiliki masing-masing Pendeta ini, membuat suasana hangat dan akrab.

Inang Pdt JP Tamsar (LM Br Saragih) dan Inang Pdt JRR Purba (M Br Saragih) tak henti-hentinya menyapa dan berswafoto dengan Jemaat GKPS Resort Jambi. Kegembiraan itu memang tampak dan sebagai penyemangat dalam pelayanan.

Terimakasih atas kehadiran mereka di Jambi. Banyak kesan dan pesar yang dalam saat mereka melayani di Resort Jambi. Kesan dan pesan itu menjadi salah satu bukti bahwa Pelayanan itu abadi dan tak kenal “Sombong”.

Ucapan Terimakasih juga atas kehadiran Praeses GKPS Distrik VI Pekanbaru Pdt Abdi Jekri Damanik STh MSi, Pdt Juniati Saragih (Pendeta GKPS Resort Pekanbaru), Pdt Riando Tondang STh (Pendeta GKPS Resort Jambi), PW D Br Damanik STh.

Wah kok saya ya yang mengucapkan Terimakasih! Emangnya ini Pesta Saya? Kan bukan? Tak apalah, setidaknya saya ikut melihat kasat mata dan merasakannya, namun tak ikut membidikkan kamera. Maklum kamera sudah Rusak, Minjam Kamera malu, hehehehe.

Namun, ada regenerasi saya yang suka photo-photo semi Profesional di Pemuda GKPS Resort Jambi yakni Joe Saragih dan Armando Purba. Kepada dua adek saya ini saya percayakan menggantikan saya untuk membidik seluruh kegiatan Pesta Peresmian GKPS Tanah Kanaan Jambi.

Untuk Panitia

Panitianya hebat dan mantap. Diawal pembentukan Panitia, memang agak sedikit sulit memilih siapa-siapa saja yang pas untuk Panitia. Namun dari awal hingga usai pelaksanaan kegiatan berjalan baik. Seluruh Panitia Memang Kompak dan Bersumbangsih Tenaga, Pikiran dan Materi.

Terkhusus saya ucapkan salut untuk Ketum St Awal JD Damanik yang piawai dalam merangkul seluruh Panitia dan seluruh elemen GKPS Resort Jambi. Juga untuk Sekretaris Sy Roni Damanik dan Lae Sy Sinambela bagian Perlengkapan. Pokoknya seluruh panitia Mantap. Eh juga kepada Koordinator Konsumsi (Mama Dea), Konsumsinya Waenak Semuanya.

Tapi ini spesial, bukan nepotisme ya, mentang-mentang. Bukan!. Salut kepada St Radesman Saragih S Sos (Koordinator Seksi Hiburan) pada Pesta kali ini. Persiapan Seksi Hiburan yang dilakukan bapak yang berjiwa seni tinggi ini  sudah patut dijadikan contoh untuk kedepannya.

Walau tidak mengundang artis Simalungun dari luar Provinsi Jambi, setidaknya St Radesman Saragih mampu menghadirkan Potensi-Potensi Seniman yang ada di lingkungan GKPS Resort Jambi. 

Siapa sangka JKR Musik Jambi bisa membawakan lagu-lagu hits Simalungun terkini dan tembang lawas Simalungun dengan baik. JKR Musik dan Trio termasuk grup musik Batak di Jambi yang sangat banyak menguasai lagu dan langgam musik Simalungun. Grup Musik dan Trio JKR terdiri dari : Tony Manalu (Keyboard), Ruli Rafael Haloho (Seruling/Sulim), P Haloho (Godang/Gual) dan Trio Haloho, Manullang dan Siregar.

Kemudian penampilan Rani Meilanny Br Saragih Sumbayak juga sangat memukau penonton. Penyanyi muda berbakat dari GKPS Tanah Kanaan kelahiran Kota Jambi, 30 Mei 1999 ini, merupakan peraih Juara I Lomba Nyanyi Solo Pesparawi Sekolah Minggu GKPS se-Distrik VI di GKPS Pekanbaru, Riau, Minggu, 3 Februari 2013 dan Juara III Lomba Nyanyi Solo Pesparawi Sekolah Minggu se-GKPS di Medan, Sumatera Utara, Minggu, 30 Juni 2013.

Selanjutnya lantunan lagu oleh Inang Rasma Herdiana Br Saragih Simarmata, penyanyi Simalungun kelahiran P Hanopan, Simanabun, 6 Mei 1979 yang kini menjadi inang di GKPS Jambi dan sudah pernah tampil pada kegiatan pesta gereja GKPS Jambi.

Jadi sudah sewajarnya Seksi Hiburan memang ditangani St R Saragih karena dipersiapkan dengan matang (Latihan). Juga demikian yang menampilkan Tortor Simalungun dari Pemuda dan Aak Sekolah Minggu GKPS Resort Jambi.

Spesial Thanks dan Salut juga buat Ketua PGKPS Resort Jambi Roy Candra Munthe dan “gerombolannya” yang tak hentinya mengeluarkan keringat dalam melakukan persiapan Pesta bahkan hingga usai pesta dengan mencuci Piring. Pokoke Salut untuk PGKPS Resort Jambi. 

Diatetupa Bani St RK Purba dan Inang

Sebagai kata Penutup, ucapan Diatetupa saya sampaikan kepada St RK Purba dan Inang P Br Sitepu. Wah berebihan ini, mungkin demikian pikiran pembaca, eh ngak kok. Saya ucapkan ini wjar-wajar saja, karena kerap mengikuti Kehadiran dan Kepedulian Keluarga Besar  St RK Purba dan Inang P Br Sitepu terhadap GKPS Resort Jambi, dan Juga GKPS.

Walau memberikan kata sambutan diujung acara dibuatkan Protokol, namun St RK Purba tetap semangat dan berbesar hati menyampaikan sambutannya. 

Demikian sambutan Tokoh GKPS Jambi dan Tokoh Simalungun ini. St RK Purba dalam kata sambutannya mengatakan, pembangunan suatu gereja di suatu daerah, khususnya di perantauan (diaspora) ternyata tidak bisa hanya mengandalkan banyaknya jumlah jemaat dan materi yang cukup. 

Pembangunan gereja di perantauan membutuhkan kebersamaan di antara jemaat, kerendahan hati para pemimpin dan pelayan gereja serta jalinan silaturahmi (hubungan kekeluargaan) yang baik warga gereja dengan warga masyarakat sekitar. 

“Bila prinsip-prinsip tersebut bisa dicapai, pembangunan suatu gereja, baik pembangunan gedung gereja maupun jemaatnya, akan lebih mudah terwujud,” katanya. 

Terakhir Terimakasih kepada  Pembawa Acara : St M Saragih, SH dan St S Purba. Kedepan lebih baik lagi membawakan Acara dengan Bahasa Komunikasi yang Baik Serta lebih Diplomatis serta Menyenangkan semua Hadirin. Sukses Untuk Semuaya. Selamat Kepada Seluruh Jemaat GKPS Tanah Kanaan Jambi. Maaf Jika Ada Kata-Bahasa yang Kurang berkenaan dalan Catatan Ini. (Asenk Lee Saragih).   

Moment Serbi Bersama  St Irjen Pol Drs Maruli Wagner Damanik, M.APdi Jambi














Bangga Bisa Jumpa dan Photo Bersama dengan Tulang St Irjen Pol Drs Maruli Wagner Damanik, M.AP.








 

Tidak ada komentar: