.

.
.

Kamis, 18 September 2014

GELIAT NETCO EKSPO PELAJAR

SMAN3 Kota Jambi mengadakan Netco Ekspo yang bertujuan untuk melatih siswa untuk berwirausaha dengan memamerkan hasil karya dari masing-masing kelas yang ada di SMAN 3 Kota Jambi.
Siswa Harus Diajarkan Wirausaha

JAMBI-Menjadi siswa yang kreatif seharusnya dimiliki oleh setiap siswa. Pasalanya kreatifitas siswa dalam segi wirausaha untuk menunjang masa depan siswa kelak. Guna meningkatkan kreatifitas siswa, harus sering melakukan ekspo dan pameran kegiatan.

Dalam meningkatkan kreatifitas pada siswa, SMAN3 Kota Jambi mengadakan Netco Ekspo yang bertujuan untuk melatih siswa untuk berwirausaha dengan memamerkan hasil karya dari masing-masing kelas yang ada di SMAN 3 Kota Jambi.

Dinda, salah satu siswa dari SMAN 3 Kota Jambi Dinda saat ditemui Harian Jambi, Rabu (17/9) mengatakan, seorang siswa harus mempunyai kreatifitas dan semangat wirausaha.


“Kita salaku pelajar harus kreatif dan mempunyai sengat wirausaha. Setelah selesai sekolah kita suda kemampuan untuk mengembangkan usaha yang telah kita peroleh di sewaktu kita sekolah," katanya.
Menurut Dinda, ada banyak kreativitas yang bisa dikembangkan siswa. Seperti membuat kue dan berbagai bolu, bronis. Meski tidak ada pelajaran di sekolah mengenai pembuatan berbagai kue tersebut, namun hal itu bisa dipelejari dan dipraktekan.

“Jika kita rajin membaca, kemudian memprakteknnya apa yang kita baca pastilah kita bisa. Seperti halnya membuat kue. Kita hanya melihat resep yang ada di majalah kemudian kita praktekkan dan kita pamerkan pada acara Netco Ekspo yang diadakan di sekolah,” katanya.

Ditambahkan, selain hasil karya siswa dipamerkan, siswa juga menjual hasil karyanya pada Netco Ekspo yang diadakan di sekolahnya. Pada kesempatan tersebut pihaknya memamerkan bermacam-macam kue.

“Pada pameran ini selain memamerkan hasil karya yang kami buat jika ada pengunjung yang mau membeli maka hasil karya kami jual. Pengunjung yang datang siswa-siswi SMAN3 Kota Jambi ini,” katanya.

Menurut Dinda, hasil yang diperoleh dari penjualan akan menambah kas kelas karena yang mengikuti Netco Ekspo adalah semua kelas yang ada di SMAN 3 Kota Jambi. Adapun jenis kue yang dipamerkan adalah kue bronis, bolu, pisang keju dan makanan tradisional hasil karyanya.

“Kue yang kami pamerkan adalah kue hasil karya kelas kami sendiri dan hasilnya untuk menambah uang kas kelas," katanya.

Disebutkan, sebagai seorang siswa harus mempunyai jiwa wirausaha dan kreativitas untuk menunjang masa depan. Karena jika tidak ada kemampuan atau skil yang dimiliki siswa maka setelah selesai sekolah akan bingung mau melakukan apa.


Karena mereka tidak mempunyai skil dan jiwa kewirausahaan, jadi hanya mengharapkan bisa kerja di tempat orang. “Kalau kita punya kreativitas dan jiwa ke wirausahan setelah tamat sekolah tidak menganggur lagi karena kita suda punya skil, kita tinggal mengembangkannya saja dan mencari modal," katanya.(khr/lee)

Tidak ada komentar: