PRESIDEN PILIHAN RAKYAT JOKOWI-JUSUF KALLA

PRESIDEN PILIHAN RAKYAT JOKOWI-JUSUF KALLA
SELAMAT DATANG PRESIDEN JOKO WIDODO-JUSUF KALLA

Wednesday, 16 May 2012

Pesta Danau Toba 2012 Diundur


 Nisha Group (Intan Saragih, Sabar Tondang, Jhon Riahdo Purba Pakpak).
 Jhon Kariando Purba. Foto-foto Asenk Lee Saragih
MERINDUKAN ARTIS SIMALUNGUN TAMPIL DI PESTA DANAU TOBA 2012
PARAPAT-Penyelenggaraan Pesta Danau Toba yang seyogyanya digelar 30 Juni hingga 14 Juli 2012 di Kabupaten Simalungun, Sumatra Utara diundur hingga Oktober akibat dana yang dibutuhkan tidak tertampung dalam Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD).

"Kita berharap Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) dapat menampung dana yang diperlukan untuk penyelenggaraan pesta rakyat tersebut dalam P-APBD 2012 agar bisa dilaksanakan pada Oktober
mendatang," kata Kabag Humas Pemkab Simalungun M. Andreas Simamora di Parapat, Selasa (15/5).

Memang, kata dia, dalam Surat Keputusan (SK) pengangkatan Panitia, yang ditanda tangani Pelaksana tugas (Plt) Gubernur Sumut Gatot Pujo Nugroho tanggal 19 Maret 2012, disebutkan bahwa segala biaya yang timbul akibat ditetapkannya SK tersebut dibebankan pada APBD Provinsi Sumatra Utara.

Namun, lanjutnya, hingga saat ini, pihak Panitia Pelaksana Pesta Danau Toba (PDT) 2012, belum berhasil mengupayakan dana dari pihak ketiga yang bersedia menjadi sponsor dalam kegiatan yang digelar setiap tahun tersebut.

Menurut dia, penetapan jadwal pelaksanaan PDT 2012 di Kabupaten Simalungun itu, sesuai penunjukan Plt Gubernur Sumut Gatot Pujo Nugroho saat pembukaan PDT 2011 di Parapat, 27 Desember 2011.

Andreas berharap, penyelenggaraan PDT yang merupakan kegiatan tahunan masyarakat Sumut yang menggambarkan keberagaman tersebut, dapat tetap terlaksana dalam satu kesatuan yang membanggakan.

"Penundaan pelaksanaan PDT 2012 bukan karena ketidaksiapan panitia yang diketuai Kepala Bappeda Simalungun Jan Wanner Saragih, tetapi, karena anggarannnya tidak ditampung dalam APBD Sumut," katanya. (MICOM)

KEGIATAN PADA PESTA

DANAU TOBA (PDT) 2012  PELESTARIAN LINGKUNGAN  Kegiatan gotong royong massal pembersihan Danau Toba di masing-masing kabupaten sekeliling Danau Toba, penanaman pohon di sekitar Danau Toba.  

BIDANG KESENIAN

Diperlombakan tarian massal, pagelaran gondang, perlombaan suling, vokal solo, vocal  group, vocal trio, fashion show pakaian daerah, lomba putri danau toba, lomba foto panorama DT, lomba liputan PDT
2012, lomba lukisan Panorama DT, pengelaran tor-tor tunggal panaluan, mangalahat horbo, perlombaan tor-tor sipitu cawan, pagelaran andung, opera batak,taur-taur, odong-odong, gundala-gundala, sigale-gale dan huda-huda.

KEGIATAN OLAHRAGA 

Memperlombakan solu bolon, solu marsada-sada, solu mardua-dua, margala, marjalekat, marhonong, renang Parapat-Tomok, bola voli pantai, catur, lari 40 K (Parapat- Tobasa),  lari 10 K (di Samosir), pagelaran dan perlombaan paralayang, motor cross/enduro tour, gantole, marsiranggut, umbalang, dragon boat, terjun payung, marching band, memancing, ski dan arung jeram. 

SEMILOKA 

Membicarakan tentang pelestarian Danau Toba dan ekonomi kerakyatan. Juga digelar pameran yang menyuguhkan produk-produk unggulan dari masing-masing daerah, industri kerajinan binaan Dekranasda, martonun dan memasak ikan pora.  

HIBURAN  

Memeriahkan PDT tahun 2012, menampilkan artis-artis ibu kota, baik dari Jakarta maupun Medan, penampilan koor raksasa, band medan dan tarian massal. Selama berlangsungnya kegiatan PDT, sesuai dengan hasil rapat kegiatan kesenian, kebudayaan dan olahraga tidak hanya dipusatkan di Kota Parapat (Kabupaten Simalungun) akan  tetapi juga dilaksanakan di 7 Kabupaten (Simalungun, Samosir, Tobasa, Karo, Dairi, Taput, Humbahas).

No comments: