SELAMAT IDUL FITRI 1435H

SELAMAT IDUL FITRI 1435H
Dari Ir P Bernhard Panjaitan MM-Kadishub Provinsi Jambi

PRESIDEN PILIHAN RAKYAT JOKOWI-JUSUF KALLA

PRESIDEN PILIHAN RAKYAT JOKOWI-JUSUF KALLA
SELAMAT DATANG PRESIDEN JOKO WIDODO-JUSUF KALLA

Monday, 25 October 2010

Hujan Hilangkan Titik Api di Jambi

Jambi, BATAKPOS

Hujan yang mengguyur Provinsi Jambi dua hari terakhir membuat sejumlah titik-titik panas menghilang. Data sebaran titik panas dari Pusat Pengendalian Kebarakan Lahan dan Hutan Provinsi Jambi, menunjukkan jumlah titik panas sudah berkurang.

Jumlah titik panas mencapai 99 titik dalam dua hari terakhir. Namun kini sudah berkurang hingga 30 titik api. Titik panas sebagian besar terjadi di wilayah barat Jambi. Jumlah paling banyak di Kabupaten Sarolangun sebanyak 29 titik, Merangin 23 titik, dan Bungo 20 titik.

Kepala Balai Konservasi dan Sumber Daya Alam Provinsi Jambi, Tri Siswo, Minggu (24/10), mengatakan, tingginya jumlah titik panas itu diduga disebabkan adanya aktivitas pembukaan lahan pada kawasan tersebut.

Aktivitas membuka lahan dengan cara membakar paling banyak dilakukan masyarakat petani, karena ini dianggap paling mudah dan murah. Akibatnya, pembakaran lahan terjadi dimana-mana.

Secara terpisah, Supervisor Prakiraan Cuaca Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Provinsi Jambi, Kurnianingsih mengatakan, kecepatan angin cenderung tinggi khususnya pada siang hari. Hal itu memungkinkan penyebaran api terjadi lebih cepat dari biasanya.

Namun turunnya hujan secara merata membuat titik api berkurang. Angin bergerak dari arah barat daya hingga barat laut ke arah timur hingga tenggara. Kecepatan angin umumnya mencapai 14 kilometer per jam.

“Kecepatan angin bisa sangat tinggi, yaitu mencapai 18 hingga 25 kilometer per jam. Kondisi tersebut juga terjadi di wilayah barat Jambi, yang saat ini paling banyak jumlah titik panasnya. Hal itu ditambah lagi dengan suhu yang cenderung tinggi, yaitu 33 hingga 34 derajat celcius pada siang hari, karena posisi matahari berada pada garis equator,”katanya.

Dikatakan, kebakaran lahan diperkirakan tidak akan berlangsung lama. Hal itu disebabkan potensi turun hujan meningkat seiring dengan kondisi Jambi yang memasuki musim penghujan pada Oktober ini. Meski api menyebar dengan cepat, juga akan kembali padam karena turun hujan. ruk

Abdul Fattah Sementara Unggul


Pemilukada Batanghari

Jambi, BATAKPOS

Pasangan Calon Bupati-Wakil Bupati Batanghari, Abdul Fattah- Sinwan (FAS) sementara unggul pada Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) Kabupaten Batanghari periode 2010-2015 yang berlangsung Sabtu 23 Oktober 2010. Pasangan nomor urut dua itu unggul berdasarkan perhitungan cepat (quick count) desk Pemilukada Pemkab Batanghari.

Berdasarkan quick count, Sabtu (23/10) petang, FAS mendapat suara 35,54 persen, pasangan Syahirsah-Erpan mendapat 30,34 persen, dan pasangan Ardian-Apani 13,76. Sedangkan pasangan Hamdi-Juhartono 9,09, dan Fathudin-Ismail 11,27.

Sementara berdasarkan quick qount KPUD Batanghari, FAS mendapat 43,59 persen, Syahirsah-Erpan memperoleh 29,86 suara, pasangan Ardian-Pani meraih 9,95 persen dan dua calon lainnya perolehan suaranya di bawah 9 persen.

Pemilukada Batanghari diikuti lima pasangan. Yakni nomor urut (1) Pasangan Syahirsah-Erpan, nomor urut (2) Abdul Fattah-Sinwan, nomor urut (3) Hamdi Rachman-Juhartono, urutan (4) Fathudin Abdi-Kemas Ismail Azim, dan nomor urut (5) Ardian-Faisal-Apani.

Sebanyak 172.510 masyarakat Kabupaten Batanghari, Sabtu (23/10) melakukan pemilihan Bupati Batanghari periode 2010-2015. Masyarakat Batanghari melakukan pencoblosan di 500 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar di 113 Desa/Kelurahan yang ada di 8 Kecamatan.

Syahirsah dan Ardian Faisal merupakan Bupati dan Wakil Bupati Batanghari periode 2005-2010. Mereka pada pemilu kada kali maju sendiri dan tidak berpasangan lagi. Sedangkan Abdul Fattah adalah mantan Bupati, yang pada pemilu kada periode 2005-2010 yang lalu kalah dari pasangan Syahirsah-Ardian Fasial. Saat ini Abdul Fattah merupakan Ketua DPRD Batanghari.

Pelaksanaan Pemilukada Kabupaten Batanghari priode 2010-2015, ditinjau langsung Wakil Gubernur Jambi Drs. H. Fachrori Umar, M. Hum, bersama unsur Muspida Provinsi Jambi.

Dari Kelurahan Jembatan Mas Wakil Gubernur dan rombongan bergerak TPS 2 Kelurahan Teratai, Kecamatan Muara Bulian langsung menunjau TPS, dan TPS 2 Kelurahan Teratai, Kecamatan Muara Bulian dilanjutkan ke TPS XVI di Kelurahan Muara Bulian Kecamatan Muara Bulian.

Selanjutnya Wagub dan rombongan meninjau KPUD Kabupaten Batanghari, kemudian kembali meninjau pelaksanaan pelaksanaan pemungutan suara di TPS II Kelurahan Rengas Condong, Kecamatan Muara Bulian.

Sekitar pukul 13.WIB, Wagub dan rombonmgan melanjutkan peninjauan ke TPS 2 di Kelurahan Jembatan Emas, Kecamatan Pemayung, guna melihat proses penghitungan suara.

Pasangan Syahirsah-Erpan yang diusung Golkar, PKS, PBR, H.A Fattah-Sinwan diusung Partai Demokrat, PKPB, Hanura dan 12 parpol non parlemen, Hamdi Rachman -Juhartono maju menumpangi perahu PKB, PPP, Gerindra, PDK, lalu pasangan H.Fathuddin Abdi – Kemas Ismail Azim maju melalui jalur perseorangan, sedangkan pasangan H.Ardian Faisal-H.Apani diusung PDIP dan PAN.

Jumlah mata pilih 172.510 orang di 500 TPS, yang tersebar di delapan kecamatan, dalam 13 Kelurahan dan 100 Desa. Kecamatan Muaro Sebo Ulu 20.407 pemilih, Kecamatan Mersam, 19.266 pemilih, Kecamatan Batin XXIV 19.094 pemilih, Kecamatan Muara Tembesi 19.399 pemilih, Kecamatan Muara Bulian 38.496 pemilih, Kecamatan Bajubang, 25.103 pemilih, Kecamatan Muaro Sebo Ilir 9.334 pemilih, dan Kecamatan Pemayung dengan ibu kota Jambatan Mas, jumlah mata pilihnya ada 21.411. ruk

Tradisi Bhikku Hari Kathina 2554 Disambut Etnis Tionghoa Jambi

Ucapan Syukur : Umat Buddha yang menanti Bhikku bersujud sambil memberikan uang dalam angpau, beras, mie instan, biskuit, sabun, dan obat-obatan kepada para Bhikkhu saat melintas di jalan raya, Minggu (24/10). Foto batakpos/ rosenman manihuruk


Lampion : Vihara Sakyakirti Jambi menggelar festival lampion di momen puncak perayaan Hari Khatina di Jalan Pangeran Diponegoro, Kelurahan Sulanjana, Kecamatan Jambi Timur, Kota Jambi, Jumat (22/10). Foto batakpos/ rosenman manihuruk




Jambi, BATAKPOS


Tradisi Bhikku dalam perayaan menyambut Hari Kathina 2554/BE mendapat sambutan meriah dari etnis Tionghoa di Jambi. Sebanyak 8 Bhikku asal Sangha Agung Indonesia menjalankan tradisi Pindapatta atau Pindapattra dengan mengililing Kota Jambi, Minggu (24/10). Kegiatan ini salah satu rangkaian perayaan menyambut Hari Kathina 2554/BE.

Pindapatta/ Pindapattra merupakan tradisi dikalangan umat Buddha di mana para Bhikkhu Sangha Agung Indonesia berkeliling demi memperoleh persembahan dari umat berupa uang atau makanan. Para bhikkhu wajib berjalan kaki di bawah teriknya matahari tanpa alas kaki. Mereka membawa Patta (mangkok) sambil terus berjalan dengan kepala tertunduk.

Pengamatan BATAKPOS menunjukkan, dengan berjalan kaki tanpa menggunakan alas kaki, delapan bhikkhu dari Sangha Agung Indonesia terdiri YM Biksu Jaya Bhumi, disusul Biksu YM Giri Virya, Bhikkhu/ Bhikkhuni dan Samanera, mereka mengenakan jubah warna cokelat dan oranye, diikuti puluhan anak muda berjalan menyusuri jalan-jalan di Kota Jambi.

Di atas jalan aspal yang kasar dan panasnya matahari untuk ditapaki dengan kaki telanjang. Tampak wajah sabar terpancar dari para Bhikku berjalan menyusur Jalan Pangeran Diponegoro, Jalan Halim Perdana Kusuma, Jalan Raden Mattaher, Jalan Gatot Subroto dan kembali ke Vihara sambil menenteng patta.

Dalam Pindapatta/ Pindapattra di Kota Jambi ini, menyusur jalan-jalan untuk mendapat Dharma berupa makanan dari para umat. Di sepanjang rute yang dilalui, umat telah menanti dengan sabar memberikan beraneka ragam keperluan makan kepada Bhikkhu yang telah melepas 'hidup' nya karena melayani umat.

Dengan kehadiran Bhikkhu Sangha ini telah dinanti-nantikan ribuan warga di sepanjang jalan. Umat Buddha yang menanti Bhikku bersujud sambil memberikan uang dalam angpau, beras, mie instan, biskuit, sabun, dan obat-obatan kepada para bhikkhu tersebut.

Puncak perayaan Hari Kathina/ Berdana dilakukan, Minggu (24/10) dipimpin Bhikkhu YM Biksu Jaya Bhumi.

Ketua Majelis Buddhayana Indonesia (MBI) Romo Balamitta mengatakan, dengan memberi persembahan kepada Bhikkhu Sangha, umat akan memperoleh pahala dari Sang Pencipta. “Selain itu, kita juga akan disenangi orang banyak, usia panjang, kecantikan, kebahagiaan, dan kekuatan,” katanya.

Dikatakan, Pindapatta/ Berpindapattra merupakan salah satu tradisi yang telah berlangsung selama ribuan tahun silam. Dimana pada hari tertentu, para Bhikkhu melatih diri menjalani kehidupan sehari-hari secara sederhana, belajar menghargai segala pemberian orang lain.

Kata ”Pindapatta/ Pindapattra” sendiri berarti menerima persembahan makanan. ”Patta” atau ”Patra” adalah mangkok makanan yang dibawa para bhikku/ bhikuni. Pada masa lalu, patta terbuat dari buah labu yang disayat bagian atasnya, lalu dikerok bagian tengah atau isinya.

Bagian kulitnya kemudian dikeringkan sehingga berbentuk mangkok yang cukup besar. Mangkok inilah yang digunakan oleh para bhikkhu menerima persembahan dari para umat. Namun, karena patta jenis ini rapuh dan mudah rusak, maka diganti mangkuk dari logam, seperti tembaga, kuningan, dan aluminium.

Sebelumnya, Jumat (22/10), Vihara Sakyakirti Jambi menggelar festival lampion di momen puncak perayaan Hari Khatina di Jalan Pangeran Diponegoro, Kelurahan Sulanjana, Kecamatan Jambi Timur, Kota Jambi, Jumat (22/10).

Lampion ini dipasang dihalaman parkir Vihara Sakyakirti mulai pukul 18.00, Jumat 22 Oktober 2010. Sebelum penyalahan lampion, terlebih dulu para Bhikkhu, Bhikkhuni dan Samanera melakukan prosesi Pradaksina dan Puja Bakti. Bersama-sama umat Buddha lainnya, mereka menghadap ke Rupang Buddha yang terletak disebuah altar diiringi berbagai sesajian. ruk

Hasan Basri Agus Calon Kuat Ketua DPD PD Provinsi Jambi

Jambi, BATAKPOS

H Hasan Basri Agus (HBA) merupakan salah satu nama yang paling kuat untuk memperebutkan Ketua DPD Partai Demokrat Provinsi Jambi pasca ditinggal Assad Syam (Anggpta DPR) karena dipenjara dalam kasus korupsi. HBA dinilai lebih pantas jadi Ketua DPD PD Provinsi Jambi.

Selain HBA, ada dua nama yang juga berambisi meraih ketua tersebut. Keduanya yakni Cornelis Buston, Wakil Ketua DPD Partai Demokrat Jambi dan Effendi Hatta, Ketua DPC Partai Demokrat Kota Jambi.

HBA lebih popular karena merupakan Gubernur Jambi yang juga maju lewat Partai Demokrat pada Pemilukada Gubernur Jambi Juni lalu. Terkait dengan masuknya nama HBA dalam bursa calon, menurut HBA dirinya sangat berterimakasih karena masuk dalam bursa calon.

“Ya, kita lihat sajalah nanti. Kan musda-nya belum berlangsung. Mengenai katanya ada dukungan untuk saya, ya saya respons, dan mengucapkan terima kasih. Tunggu saat musda-nya saja,”katanya.

Ketua Panitia Musda Partai Demokrat, Kemas Achmad Saugi, kepada wartawan, Minggu 24/10) mengatakan, semula musda dijadwalkan 6-7 November 2010. Namun karena Ketua Umum DPP Demokrat Anang Urbaningrum berhalangan, maka jadwal akan kembali diatur.

“Mungkin jadwalkan musda dimajukan, atau bisa juga dimundurkan. Nanti akan kita bahas bersama dengan panitia lainnya. Mungkin tanggal 1 dan 2 November, jadi kita majukan. Kalau memang belum pas, akan diundur setelah 6-7 November, tergantung nantilah,”katanya.

DPC Partai Demokrat Sarolangun bahkan terang-terangan akan mencalonkan HBA. Apalagi HBA tercatat sebagai Ketua Dewan Penasihat DPC Demokrat Sarolangun.

Ketua DPC Demokrat Sarolangun, Musharsyah optimistis jika HBA maju, semua yang mempunyai hak suara akan mutlak memilih mantan bupati Sarolangun ini sebagai Ketua DPD Partai Demokrat Jambi.

Hal senada juga dikatakan Ketua DPC PD Batanghari, Musyarsah Jasasila. Pihaknya juga sangat mendukung penuh bila HBA yang memimpin Demokrat Jambi. Alasan yang dikatakan Jasasila juga sama. HBA menurutnya seorang kader Demokrat yang sangat bisa membawa Demokrat sebagai pemenang Pemilu di Jambi. ruk

Suku Anak Dalam di Sarolangun Dapat Pengobatan Gratis

Jambi, BATAKPOS

Sebanyak 60 orang Suku Anak Dalam (SAD) yang bermukil di Desa Makekal Hulu, Taman Nasional Bukit Duabelas (TNBD) Merangin, Provinsi Jambi mendapatkan pengobatan gratis dari tim kesehatan Puskesmas Muara Delang, Kecamatan Tabir Selatan, Kabupaten Merangin.

Humas KKI Warsi Jambi, Reny, Jumat (22/10) mengatakan, tim dipimpin langsung Kepala Puskesmas Muara Delang, Merangin, Sutrisno. Mereka membawa dua orang mantri dan segenap obat-obatan ke dalam rimba (hutan).

Tim Medis Puskesmas Muara Delang turun ke hutan setelah mendapat laporan dari Pengendum dan Mijak, pemuda orang rimba setempat bahwa ditempat mereka seminggu terakhir banyak yang sakit parah, mulai dari Ispa, malaria, batuk dan demam.

Di dalam rimba, tim berhasil mengobati sekitar 60 orang rimba di daerah tersebut, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Pengobatan itu merupakan pengobatan ini gratis.

Disebutkan, dari pengakuan Mijak, akhir-akhir ini memang banyak sekali orang rimba yang sakit, karena musim yang tidak menentu, serangan penularan penyakit juga sangat cepat.

Mijak dan Pengendum berharap, petugas kesehatan masuk rimba ini dapat dilakukan secara rutin seminggu sekali. Alasannya karena dirimba anak rimba ini juga memerlukan pelayanan kesehatan seperti umumnya masyarakat yang ada di desa. ruk

Pasangan Usman Ermulan-Katamso Unggul Sementara

Pemilukada Tanjabar

Jambi, BATAKPOS

Pasangan Drs Usman Ermulan-Katamso sementara ungul dalam perolehan suara pada Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) Bupati Tanjung Jabung Barat (Tanjabar) Kamis (21/10). Hingga Jumat (22/10) siang suara sah yang masuk ke KPUD Tanjabar mencapai 140.676 dari 195.480 jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT). Masih ada sekitar 55 ribu suara yang belum masuk.

Dari data perolehan suara sementara di KPUD Tanjabar, pasangan Usman Ermulan –Katamso unggul dari pasangan rivalnya Safrial-Yamin. Usman-Katamso memperoleh 76.538 suara, sedangkan Safrial-Yamin baru 64.138 suara. Usman memperoleh suara 54 persen dan pasangan Safrial-Yamin 46 persen.

Sementara jumlah golongan putih (golput) diperkirakan mencapai angka 25 persen, atau sekitar 45 ribu suara. Usman Ermulan meminta seluruh tim suksesnya untuk mengawal suara dari TPS, KPPS hingga ke KPUD Tanjabar.

“Saya sudah minta seluruh anggota tim dan pendukung serta relawan untuk mengawal ketat kotak suara. Jangan sampai perolehan suara yang ada ini berubah tiba-tiba. Kalau sampai berubah, ini bisa perang dunia,” kata Usman Ermulan.

Pengawasan terhadap kotak-kotak suara juga diakui seorang tim sukses Usman Ermulan-Katamso, Doni Pasaribu SP. Doni Pasaribu turun ke wilayah hulu Tanjab Barat mengkoordinir tim lainnya untuk ikut bersama-sama mengawasi kotak suara.

“Saya baru pulang dari Tungkal Ulu, Merlung dan daerah sekitarnya. Kita sudah instruksikan seluruh tim untuk menjaga ketat kotak suara. Pengawasan kotak suara harus dilakukan ketat sehingga tidak ada manipulasi jumlah suara,”katanya.

Sementara itu, dugaan money politik dalam Pemilukada Tanjab Barat, Jambi, yang dilakukan 2 orang oknum guru dan 1 orang bidan desa (bides) serta seorang lainnya tidak bisa dibuktikan oleh Paswas Pemilukada Tanjabar.

Penangkapan terhadap RS, HW, SL dan K tidak disertai dengan alat bukti yang kuat. Mereka yang ditangkap adalah laporan ke panwaslu disampaikan oleh Noviliansyah (30), Kamis dinihari (21/10), beberapa jam menjelang pencoblosan. Dalam laporan “serangan fajar” tersebut juga turut diserahkan barang bukti 1 unit handphone dan sepeda motor.

Karena tidak ada bukti kuat dan tidak punya wewenang melakukan penahanan, panwaslu akhirnya melepaskan keempat orang tersebut. “Mereka pulang dari kantor panwaslu hari itu juga,” kata anggota panwaslu, Drs A Sibli.

Seorang anggota Panwaslu Provinsi Jambi, Drs Arwani, yang datang ke Kuala Tungkal sebagai saksi ahli panwaslu mengizinkan pengambilan gambar. “Pekerjaan wartawan jangan dihalangi, apalagi cuma sekedar ingin mengambil gambar. Itu tidak menggangu proses pemeriksaan,” katanya.

Usman Ermulan dan Istri terharu saat mengetahui hasil penghitungan suara sementara unggul. Target unggul di tujuh kecamatan tercapai diraih pasangan Usman- Katamso dalam pilkada Tanjabbar, Kamis (21/10). Masyarakat dan tim sukses anggap kemenangan Usman sebagai kemenangan masyarakat Tanjab Barat.

Usman menganggap penghitungan sementara tersebut masih belum bisa dijadikan pedoman kemenangan dirinya. Akan tetapi dirinya berusaha mengawal kemenangan tersebut melalui tahapan yang terjadi di tingkat penyelenggara.

“Kita akan amankan suara yang ada saat ini mulai dari TPS hingga diplenokan oleh KPU Kabupaten Tanjabar. Saya juga langsung memerintahkan setiap tim yang ada untuk menjaga kemungkinan perubahan surat suara di tingkat panitia pemilih kecamatan (PPK). Bahkan dirinya pun langsung menugaskan timnya untuk menjaga dan tidak tidur di tiap PPK agar tidak ada kecurangan,”katanya. ruk

Supir Truk Desak PU Segera Perbaiki Kerusakan 22 Kilo Meter Jalan Lingkar Selatan Jambi

Jambi, BATAKPOS

Para supir truk pengangkut batubara dan truk bermuatan bahan pokok dan material pembangunan mendesak Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Jambi untuk segera memperbaiki jalan rusak sepanjang 22 kilo meter Jalan Lingkar Selatan Jambi menuju pelabuhan Talang Duku, Kabupaten Muarojambi. Kini belum ada tanda-tanda perbaikan dari dinas terkait.

Pengamatan BATAKPOS Jumat (22/10) dari simpang Paal Merah Jambi menuju Paal 10 Kotabaru Jambi, setidaknya terdapat 35 titik kerusakan jalan yang cukup parah. Setia titik kerusakan terdapat lobang menganga sedalam satu meter serta lebar lebih dari tiga meter.
Rusak Parah : Hingga Jumat (22/10) kondisi Jalan Lingkar Selatan Kota Jambi masih rusak parah. Tampak sebuah truk nyaris terguling saat melintasi jalan rusak itu. Akses angkutan eksport-import dari dan ke Jambi menuju Pelabuhan Talang Duku Jambi tersendat akibat rusaknya jalan itu. Dinas PU Provinsi Jambi dinilai lamban dalam perbaikan jalan tersebut. Foto batakpos/rosenman manihuruk.


Sejumlah titik parah terdapat di Depan Sat Brimob Polda Jambi, Terminal Truk Jambi dan sejumlah titik lainnya disepanjang jalan 22 km tersebut. Sejumlah truk juga mengalami kerusakan patah per akibat melalui jalan rusak tersebut.

“Kita minta Dinas PU Provinsi Jambi untuk segera memperbaiki jalan rusak ini. Kondisi jalan parah ini sudah cukup lama. Para sopir juga sudah mengeluhkan lamanya jalan rusak tersebut. Banyak truk patah per akibat kondisi salan yang cukup parah,”kata Sutarjo (34) salah satu supir truk pengangkut batubara kepada BATAKPOS di lingkar Selatan, Jumat (22/10).

Menurut Sutarjo, rusaknya jalan lingkar Selatan Kota Jambi menuju akses Pelabuhan Talang Duku Jambi, membuat angkutan batubara tersendat. Bahkan ratusan truk batubara terpaksa berhenti akibat jalan lingkar tersebut rusak parah cukup lama. Hingga kini belum ada tanda-tanda perbaikan jalan tersebut.

Bahkan pengusaha batubara mengaku rugi besar akibat kondisi jalan tersebut. Pengusaha angkutan yang tiap hari melintas di Jalan Lingkar Selatan menjerit dengan belum pulihnya jalan tersebut Selain itu ribuan pengguna jalan dan masyarakat juga mengeluhkan rusaknya jalan tersebut.

Direktur PT Tamorana Mas Internasional, H Matlawan Hasibuan (Pengusaha Batubara), mengatakan, pihaknya mengalami kerugian cukup besar akibat buruknya kondisi Jalan Lingkar Selatan.

Disebutkan, selain truk-truk pengangkut CPO, yang melintas di jalan tersebut adalah truk pengangkut batubara. Karena kondisi jalan yang rusak sudah cukup lama, pengusaha batubara mengaku mengalami kerugian cukup besar, sampai ke angkat ratusan juta.

Truk Batubara Dihentikan

Dinas Perhubungan Provinsi Jambi menghentikan sementara pengangkutan batu bara dan minyak mentah sawit (crude palm oil/CPO) dari berbagai kabupaten menuju pelabuhan Talang Duku Muarojambi.

Penghentian pengangkutan produk eksport itu dilakukan menyusul semakin beratnya kerusakan jalan lingkar Selatan Jambi tersebut. Selama ini jalan nasional tersebut merupakan jalan utama pengangkutan batu bara dan CPO ke pelabuhan Talang Duku.

“Ruas jalan lingkar Selatan Kota Jambi hingga kini belum bisa dilalui truk-truk bermuatan berat karena kondisi jalan masih rusak parah. Kerusakan jalan itu terlampau banyak dilalui truk bermuatan berat seperti batu bara dan CPO hingga bermuatan 30 ton,”kata Kadis Perhubungan Provinsi Jambi, Ir Bernhard Panjaitan MM.

Menurut Bernhard Panjaitan, Jalan Lingkar Selatan Kota Jambi sedianya diperbaiki Agustus lalu karena sudah ada bantuan dana sekitar Rp 94 miliar dari Bank Dunia (International and Development/IBRD). Tender proyek perbaikan jalan tel;ah dilakukan April. Namun hingga Jumat (22/10) Dinas Bina Marga PU Provinsi Jambi belum melakukan perbaikan kerusakan jalan tersebut.

Gubernur Jambi Hasan Basri Agus dan Ketua DPRD Provinsi Jambi Efendi Hatta telah menegaskan kepada Dinas PU Provinsi Jambi untuk segera memperbaiki jalan lintas impor/eksport tersebut, agar pengangkutan batu bara dan CPO pulih kembali.

Sementara itu pelaksana lapangan PT Riau Gemilang Surya Reteh (RGSR), Suparman Jiko, Jumat (22/10) dilokasi perbaikan jalan mengatakan, untuk sementara jalan rusak ditimbun dengan batu split dan pecahan batu sabak sehingga dapat dilalui kenderaan.

Disebutkan, PT RGSR merupakan salah satu perusahaan sub kontraktor pertambangan dari PT Tamarona Mas Internasional, sebuah perusahaan pertambangan batubara. Penambalan ini dilakukan karena setiap harinya sekitar 30 truk dengan bobot sekitar 50 ton milik perusahaan tersebut melewati Jalan Lingkar Selatan Jambi tersebut.

“Kalau produksi puncak bisa sampai 50 truk yang lewat tiap harinya. Diperkirakan pelaksana lapangan ini, dalam waktu satu minggu penimbunan sudah selesai dilakukan. Namun apabila cuaca tidak mendukung waktu tersebut bisa molor denhan catatan material tidak kurang,”ujarnya.

Tambal sulam kini merupakan tanggap darurat perbaikan puluhan kilometer perbaikan Jalan Lingkar Selatan Kota Jambi. Tambal sulam tersebut sebagai reaksi atas desakan pemakain jasa transportasi darat, warga serta Dinas Perhubungan Provinsi Jambi. Material untuk tambal sulam sudah tampak di lokasi. Pengerjaan ini dilakukan perusahaan swasta pertambangan yang setiap hari truk pengangkutnya menggunakannya sebagai jalur transportasi.
.
Dana Belum Turun

Sementara itu Kabid Bina Marga PU Provinsi Jambi, Asmarjani kepada wartawan mengatakan, lambanya perbaikan jalan tersebut karena pihaknya belum memiliki dana yang cukup. Kemudian tender proyek tersebut juga belum tuntas.

Disebutkan, pihaknya masih melobi Dirjen PU Pusat melalui APBN untuk menambah dana perbaikan jalan lingkar Selatan Kota Jambi tersebut. Karena perbaikan jalan sepanjang 22 km itu membutuhkan dana yang cukup banyak sehingga pembangunannya permanen untuk truk pengangkut batu bara dan CPO.

“PU Provinsi Jambi masih berupaya melobi tambahan dana ke Pusat. Jalan tersebut merupakan jalan nasional sehingga dananya juga dari APBN. Kita secepatnya akan melakukan perbaikan jalan itu jika ada tambahan dana dari Pusat. Sementara pemenang tender proyek itu sudah ada dan siap untuk melakukan pekerjaan,”katanya. ruk

Swadaya : Sementara pelaksana lapangan PT Riau Gemilang Surya Reteh (RGSR), Jumat (22/10) tampak melakukan perbaikan jalan secara swadaya pengusaha tambang dengan memasang batu split dan pecahan batu sabak sehingga dapat dilalui kenderaan. Foto batakpos/rosenman manihuruk