Sabtu, 29 Mei 2010

Liburan, Warga Jambi Pilih Memancing

Jambi, BATAKPOS

Sebagian besar warga Kota Jambi dan sekitarnya menghabiskan liburan dengan memancing di aliran Sungai Batanghari. Beraneka ragam jenis ikan di Sungai Batanghari menjadi salah satu daya tarik memancing di Daerah Aliran Sungai (DAS) Batanghari.

Sebagian besar warga Jambi memang memanfaatkan hari liburan untuk memancing. Minimnya fasilitas dan obyek wisata di Jambi, salah satu alasan warga Jambi memilih memancing untuk mengisi hari liburan.

”Sebagian besar warga Jambi memang hobi memancing. Dari anak-anak hingga usia tua memang kalau hari libur tampak memadati pinggiran sungai Batanghari untuk memancing,”ujar Rijal Ependy, salah seorang pemancing warga Jambi Selatan kepada BATAKPOS di lokasi pemancingan Sijenjang Jambi Timur, Jumat (28/5).

Menurutnya, warga sebagian besar memancing ikan jenis Betot, ikan Baung, Patin dan berbagai jenis ikan sungai lainnya. Harga ikan tersebut cukup mahal dipasarar. Rasa ikan jenis tersebut juga enak dan menjadi incaran warga di pasar.

”Hobi memancing memang salah satu budaya warga Jambi. Kesabaran warga memancing sudah teruji. Selain memancing di pinggir sungai, warga juga ada yang memancing ketengah sungai dengan menggunakan perahu kayu motor. Harga sewa perahu motor 12 jam sekitar Rp 50 ribu,”katanya.

Hal senada juga dikataka Abunjani, pemancing warga Jambi Timur. Menurutnya, kalau hari libur tiba, dirinya sering mengajak teman sekantor untuk ramai-ramai memancing.

”Kalau hari libur pinggir sungai batanghari pasti ramai dengan orang memancing. Ini sudah menjadi tradisi sejak dulu secara turun temurun. Warga Jambi sudah menikmati enaknya memancing di Sungai Batanghari dan ikannya cukup enak dan beragam,”katanya.

Menurut Abunjani, memancing memang menjadi pilihan warga Jambi jika hari libur tiba. Tidak heran kalau penjual umpan (cacing tanah) dan alat pancing di Jambi cukup laris. Hal itu karena para pemancing jarang untuk tidak membawa ikan pulang dari pemancingan.

”Ikan hasil pancingan di Sungai Batanghari harganya cukup mahal. Seperti ikan Baung harganya mencapai Rp 50 ribu per kilogram. Kemudian ikan jenis lainnya bisa hingga Rp 60 ribu perkilogram. Memancing ikan memang sudah tradisi warga Jambi mengisi hari liburan,”katanya. ruk

Memancing : Ikan Baung salah satu ikan yang dincar warga Jambi saat memilih memancing di Sungai Batanghari saat hari libur tiba. Memancing sudah menjadi tradisi warga Jambi disaat libur tiba. Tampak ikan Baung hasil pancingan Rizal Ependi di Sungai Batanghari, Jumat (28/5). Foto batakpos/rosenman manihuruk.

Tidak ada komentar: