Kamis, 18 Februari 2010

Gubernur Minta Junjung Tinggi Kesetaraan Gender

Jambi, BATAKPOS

Gubernur Jambi H Zulkifli Nurdin meminta semua pihak untuk menjunjung tinggi kesetaraan gender dan perbendayaan perempuan. Karena hal itu juga merupakan pokok poin satu dari delapan tujuan pembangunan millennium 2015.

Delapan tujuan pembangunan millenium yang akan menjadi tekad manusia sedunia, yang akan dicapai pada tahun 2015 mendatang, salah satu dari delapan tujuan pembangunan millennium tersebut adalah menjunjung tinggi kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan.

Selain itu, tujuan lainnya adalah mengurangi jumlah kematian anak di bawah usia lima tahun dan mengurangi jumlah kematian ibu saat melahirkan. Hal ini diingatkan kembali pada peringatan hari Ibu Indonesia.

Hari Ibu memiliki cakupan yang lebih luas, yakni ada perspektif kesejahteraan, ditaburkannya rasa kasih sayang, dan tantangan yang dihadapi oleh bangsa Indonesia, oleh kaum ibu untuk membangun hari esok yang lebih baik.

Hal tersebut dikemukakan Gubernur Jambi, H. Zulkifli Nurdin, dalam sambutan tertulisnya pada acara puncak peringatan Hari Ibu ke 81, yang disampaikan oleh Asisten Pemerintahan (Asisten III) Setda Provinsi Jambi Drs. Satria Budhi, MM, bertempat di auditorium Gubernuran Jambi, Senin (15/2).

Sementara itu Ketua Penasehat Badan Koordinasi Organisasi Wanita (BKOW) Provinsi Jambi Ratu Munawwaroh Zulkifli mengatakan, bahwa peringatan hari ibu ke 81 ini merupakan salah satu upaya untuk mengenang dan menghargai perjuagan dan partisipasi para perempuan yang telah ikut serta dalam kongres Perempuan Indonesia pertama tanggal 22 Desember 1928 di Jogjakarta.

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat, Pemberdayaan Perempuan dan Keluaarga Berencana (BPMPPKB) Provinsi Jambi, Dra Hj Rosmeli, M Si, selaku ketua penyelenggra melaporkan, bahwa dalam rangka peringatan hari ibu ke 81 tingkat Provinsi Jambi telah dilaksanakan berbagai kegiatan.

Pada kesempatan ini juga dilaksanakan penyerahan penghargaan kepada pihak-pihak yang telah berhasil keluar sebagai pemenang dalam berbagai lomba tingkat Provinsi Jambi yang telah dilaksanakan, mulai dari lomba Bina Keluarga Balita (BKB), Lomba Pengelola Terbaik Rumah Sakit Sayang Ibu dan Bayi (RSSI), Lomba Perusahaan Pembina Terbaik Tenaga Kerja Perempuan, Lomba Kecamatan Sayang Ibu dan lomba Pengelola Terbaik Program Terpadu Peningkatan Peranan Wanita menuju Keluarga Sehat dan sejahtera (P2WKSS). ruk

Tidak ada komentar: