Jumat, 05 Juni 2009

10 Tokoh Masyarakat Batak di Jambi Peduli Etnis Batak

(Sihol Situngkir-Foto Asenk Lee Saragih)

Jambi, Batak Pos

Sepuluh tokoh masyarakat Batak di Jambi dinilai sangat peduli dengan etnis Batak, khususnya keberadaan perekonomi masyarakat Batak di Jambi. Sepuluh tokoh Batak itu terdiri dari latar belakang berbeda dan profesi yang berbeda juga. Sepuluh tokoh ini merupakan ikon masyarakat Batak yang cukup dikenal di Provinsi Jambi, khususnya masyarakat Batak.

Demikian dikatakan seorang mahasiswa magister Universitas Jambi, Nalom Siadari SE kepada BATAK POS, Kamis (4/6). Menurutnya, sepuluh tokoh Batak yang popular di Provinsi Jambi dengan latar belakang profesi yang berbeda itu dinilai sudah berbuat dengan eksistensi dalam pembangunan Provinsi Jambi.

Sepuluh tokoh itu yakni, St RK Purba Pakpak, pengusaha minyak dan gas bumi serta perkebunan sawit, Ir Bernhard Panjaitan, Kasubdin Praswil Provinsi Jambi, DR Sihol Situngkir, SE MBA, dosen tetap UNJA, OM Simangunsong, tokoh adat Batak Toba, Rahmat Derita Harahap, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jambi.

Selanjutnya, Thomas P Sirait, sesepuh pers di Jambi (Koran Inti Jaya, Koran Jambi) yang juga mejabat Anggota Dewan Kehormatan PWI Cabang Jambi. Kemudian Robert Butar-butar, pengusaha kontraktor, Naga Pinem, Guru SMP 9 Kota Jambi, dan Donny Pasaribu SP, aktivis muda yang selalu vocal mengkritisi persoalan di Jambi.

Disebutkan, sepuluh tokoh masyarakat Batak di Jambi ini merupakan pembawa aspirasi masyarakat di Provinsi Jambi. Sihol Situngkir, Bernhard Panjaitan, Rahmat Derita Harahap dinilai merupakan jembatan kepada birokrasi di Provinsi Jambi guna memperhatikan etnis Batak di Jambi.

St RK Purba Pakpak asal Desa Hinalang, Kabupaten Simalungun ini dinilai merupakan tokoh Batak Simalungun yang dermawan. Tokoh satu ini selalu memberikan sumbangsih dalam berbagai kegiatan Sosial maupun gereja di Jambi.

“Sepuluh tokoh masyarakat Batak di Jambi ini sudah mengharumkan masyarakat Jambi di tanah Sepucuk Jambi Sembilan Lurah, Jambi. Sepuluh tokoh ini tidak saja dikenal dikalangan masyarakat Batak, namun juga masyarakat Jambi pada umumnya,”kata Yogi Sirait, seorang jurnalis media Nasional di Jambi.

Menurut Nalom dan Yogi, sepuluh nama tokoh diatas merupakan ikon masyarakat Batak di Provinsi Jambi yang dapat membawa aspirasi masyarakat Batak kepada pemerintahan di Provinsi Jambi. ruk

1 komentar:

biliater.situngkir mengatakan...

saya bangga kalau ada orang batak yang eksis di negeri orang dan dapat menjadi panutan, semoga aja kesepuluh tokoh tersebut dapat tetap menjadi contoh dan panutan bagi setiap orang dan dapat mengharumkan asal (bonapasogit) dan semoga juga generasi yang mendatang dapat mengikuti jejak para orang yang telah sukses tersebut...