Jumat, 29 Mei 2009

Jambi Siaga Antisipasi Kebakaran Hutan

(Foto dikutip dari : http://farm1.static.flickr.com)

Jambi, Batak Pos

Pemerintah Provinsi Jambi kini bersiaga guna mengantisipasi kebakaran hutan di Provinsi Jambi memasuki musim kemarau saat ini. Pusat Pusat Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan Provinsi Jamb kini sudah mengerahkan personel dan peralatan di setiap kawasan yang dianggap rawan terjadi kebakaran.

Sekretaris Pusat Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan Provinsi Jambi, Frans Tandipau, kepada wartawan, Selasa (26/5) mengatakan, pihaknya sepenuhnya telah mewaspadai, sebagai antisipasi mencegah serta mengatasi kebakaran lahan dan hutan, dengan menyiapkan personel dan peralatan.

“Bila ada terjadi kebakaran siap untuk diterjunkan. Hingga Selasa (26/5) baru tercatat lima titik panas (hot spot), namun memasuki bulan Mei kawasan Provinsi Jambi sudah tampak memasuki musim kemarau. Tidak itu saja, berdasarkan data Badan Meteorologi dan Geofisika setempat, suhu udara khususnya di siang hari cukup tinggi, yakni rata-rata mencapai 35 derajat Celsius,”katanya.

Disebutkan, kondisi ini sangat rentan akan terjadinya kebakaran lahan dan hutan. Provinsi Jambi sendiri merupakan salah satu daerah di Sumatera yang sering mengalami kejadian kebakaran lahan dan hutan.

"Kita juga berharap kepada warga masyarakat, terutama warga yang ingin membuka lahan perkebunan atau ladang, untuk tidak menggunakan cara membakar. Kami juga menerjunkan personil untuk mencegah pembakaran lahan dan hutan oleh masyarakat,”katanya. ruk
.

Tidak ada komentar: