Kamis, 12 Februari 2009

Merajut Silaturahmi Lewat Pesta Bona Taon Damanik

Jambi, Batak Pos

Merajut silaturahmi kebersamaan dan tali persaudaraan tidak terbatas oleh perbedaan agama. Melalui kebudayaan hidup rukun mampu diciptakan dilingkungan masyarakat Batak.

Kemajemukan serta perbedaan aliran kepercayaan tak membuat Pesta Bona Tahun (Pesta Awal Tahun) atau lebih dikenal dengan istilah Halal-Bihalal marga Damanik Boru Panagolan se-Kota Jambi terhambat. Kemajemukan menjadi tali silaturahmi persaudaraan kumpulan marga Damanik dalam mempertahankan adat istiadat budaya Simalungun di tanah perantauan.

Ketua kumpulan Damanik se-Kota Jambi sekitarnya yang baru terpilih, Sy AJ Damanik, dalam sambutannya pada acara halal bihalal Damanik, boru panagolan di Gedung Serbaguna Brimob Polda Jambi, Minggu (8/2) mengatakan, perbedaan agama sekitar 60 Kepala Keluarga(KK) kumpulan kerabat marga Damanik menjadi daya tarik kumpulan Damanik yang memasuki usia delapan tahun.

“Perbedaan agama tidak menjadi penghalang bagi kumpulan Damanik. Kita selalu hidup rukun sebagai salah satu kumpulan Damanik asal Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara yang tinggal di Kota Jambi dan sekitarnya. Dalam setiap kegiatan ini kita tidak membeda-bedakan agama. Hampir 22 KK Damanik di Jambi adalah Muslim,”katanya.

Sementara itu, Sekretaris Panitia Halal Bihalal Damanik, Boru, Panagolan se-Kota Jambi sekitarnya, J Manalu/br Damanik mengatakan, kemajemukan yang ada di kumpulan Damanik dapat menjadi contoh hidup rukun antar umat beragama melalui kebudayaan.

“Kumplan Damanik Jambi sangat memegang erat tali persaudaraan adat budaya Simalungun. Kita tidak membedakan agama dalam kumpulan ini. Kita hidup berdampingan walaupun kita tak se-iman. Namun berkat budaya dan adat istiadat yang sama, Simalungun, persaudaraan kita tambah erat satu dengan yang lain,”katanya.

Pengamatan Batak Pos, Pesta Bona Tahun Damanik dibuka dengan doa dari tokoh Damanik Nasrani dan Muslim. Tampak kerukunan dan persaudaraan dalam kumpulan Damanik Kota Jambi dan sekitarnya terjalin dengan harmonis.

Acara halal bihalal dimeriahkan dengan musik organ tunggal Simalungun “ Asi Damanik” group. Acara dipandu St Radesman Saragih, S Sos. Acara lebih meriah dihibur oleh artis lokal Simalungun Jambi, Asi M Damanik, Bona S Purba, Asenk Lee Saragih. Tor-tor juga membuat acara tambah meriah.

Dalam acara tersebut berhasil mengumpulkan dana dari anggota kumpulan melalui tor-tor, lagu, kupon, donatur sekitar puluhan juta rupiah. ruk

Tidak ada komentar: